Komunikasi : Berdampak dan Bertujuan

Oleh | A Widhi Mukti Anugro | 362008052

“We cannot not communicate” kita tidak bisa tidak berkomunikasi, itulah yang dikatakan Paul Watzlawick seorang pakar komunikasi asal Austria. Memang kita tidak bisa tidak berkomunikasi bahkan dalam keadaan diam kita tetap berkomunikasi dengan diam kita, karena diam merupakan komunikasi non verbal yaitu komunikasi yang tidak menggunakan lisan sebagai medianya. Bahasa-bahasa lain selain bahasa verbal dapat banyak dijumpai disekeliling kita termasuk raut wajah yang kita tunjukan adalah sebuah bentuk dari komunikasi.

Komunikasi merupakan sebuah kegiatan penting dalam kelangsungan hidup manusia, karena ada beberapa fungsi dari komunikasi. Menurut Harol D. Lasswell komunikasi mempunyai fungsi sebagai kontrol lingkungan, maksudnya ketika manusia berkomunikasi manusia beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal mereka atau tempat mereka berada dan melakukan transformasi warisan sosial terhadap generasi berikutnya.

Menurut Onong Uchjana Effendi dalam buku Dimensi-dimensi Komunikasi memaparkan empat fungsi dari komunikasi :

  1. Memberikan informasi (Public Information) kepada masyarakat. Karena perilaku menerima informasi merupakan perilaku alamiah masyarakat. Dengan menerima informasi yang benar masyarakat akan merasa aman tentram. Informasi akurat diperlukan oleh beberapa bagian masyarakat untuk bahan dalam pembuatan keputusan.
  2. Mendidik masyarakat (Publik Education). Kegiatan komunikasi pada masyarakat dengan memberiakan berbagai informasi tidak lain agar masyarakat menjadi lebih baik, lebih maju, lebih berkembang kebudayaannya. Kegiatan mendidik masyarakat dalam arti luas adalah memberikan berbagai informasi yang dapat menambah kemajuan masyarakat dengan tatanan komunikasi massa. Sedangkan kegiatan mendidik masyarakat dalam arti sempit adalah memberikan berbagai informasi dan juga berbagai ilmu pengetahuan melalui berbagai tatanan komunikasi kelompok pada pertemuan-pertemuan, kelas-kelas, dan sebagainya.
  3. Mempengaruhi masyarakat (Publik Persuasion). Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat juga dapat dijadikan sarana untuk mempengaruhi masyarakat tersebut ke arah perubahan sikap dan perilaku yang diharapkan. Misalnya mempengaruhi masyarakat untuk mendukung suatu pilihan dalam pemilu dapat dilakukan melalui komunikasi massa dalam bentuk kampanye, propaganda, selebaran-selebaran, spanduk dan sebagainya.
  4. Menghibur masyarakat(Publik Entertainment). Perilaku masyarakat menerima informasi selain untuk memenuhi rasa aman juga menjadi sarana hiburan masyarakat. Apalagi pada masa sekarang ini banyak penyajian informasi melalui sarana seni hiburan.

Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia setiap saat setiap harinya, kita melakukan komunikasi tentu saja mempunyai maksud dan tujuan tertentu, walaupun intinya tetap sama ingin mengutarakan gagasan kita. Ketika seseorang berkomunikasi maka banyak orang mempelajari diri orang tersebut melalui pernyataan dirinya. Pernyataan diri ini dapat dilakukan melalui tanda dan simbol yang memberikan pesan tertentu.

Menurut Onong Uchjana Effendi, komunikasi mempunyai beberapa tujuan :

  1. Perubahan Sosial dan partisipasi sosial. Memberikan berbagai informasi pada masyarakat tujuan akhirnya supaya masyarakat mau mendukung dan ikut serta terhadap tujuan informasi itu disampaikan.
  2. Perubahan Sikap. Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan supaya masyarakat akan berubah sikapnya.
  3. Perubahan pendapat. Memberikan berbagai informasi pada masyarakat tujuan akhirnya supaya masyarakat mau berubah pendapat dan persepsinya terhadap tujuan informasi itu disampaikan.
  4. Perubahan perilaku. Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan supaya masyarakat akan berubah perilakunya.

Menurut fungsi dan tujuan yang sudah dipaparkan diatas, maka dapat diketahui mengapa berkomunikasi itu sangatlah penting dalam kehidupan kita. Dengan berkomunikasi kita dapat memberikan informasi, mendidik, memberikan hiburan bahkan kita dapat mempengaruhi orang-orang disekitar kita. Dampak yang dapat ditimbulkan dari kita berkomunikasi (memberikan informasi, mendidik, memberikan hiburan, dan mempengaruhi) adalah adanya perubahan yang terjadi pada orang yang kita ajak berkomunikasi dampak tersebut nampak pada adanya perubahan sikap, pendapat, perilaku dari orang tersebut, bahkan efek yang lebih besar adalah dapat merubah perilaku sosial dan membentuk partisipasi sosial. Maka dari itu komunikasi sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s