Never underestimate the power of “Selamat Pagi”

Pagi merupakan salah satu fenomena yang terjadi akibat rotasi bumi. Perputaran bumi pada porosnya yang terjadi dalam 24 jam inilah yang kemudian menghasilkan istilah siang dan malam. Kemudian pagi digunakan sebagai istilah untuk menunjukkan gerbang menuju siang dan pertanda brakhirnya malam.

Ucapan selamat pagi seolah menjadi rutinitas. Tak hanya digunakan sebagai sapaan untuk mengawali hari, selamat pagi juga sering kali menginspirasi sebagian orang dalam berkarya. Dewa 19 misalnya, band ternama Tanah Air ini menggunakan “Selamat Pagi” sebagai salah satu judul lagunya. Maroon 5 mengungkapkan betapa pagi merupakan pembawa harapan melaui lagunya yang berjudul “Sunday Morning”. Tak hanya itu, sederet musisi Tanah Air pun turut menggunakan pagi sebagai inspirasi lagu-lagu mereka. Sebut saja Iwan Fals-Selamat Tinggal Malam dan Ran-Selamat Pagi.

Namun, kita tidak perlu mengetahui teori mengenai rotasi bumi terlebih dahulu untuk memberikan ucapan ini kepada orang lain. Kita juga tidak harus memiliki kemampuan mencipta lagu untuk sekadar mengugkapkan betapa bersyukurnya kita atas pagi sebagai anugerah Tuhan. Siapapun bisa melakukannya. Kepada siapapun dan dengan tujuan apapun.

Banyaknya efek yang ditimbulkan oleh fenomena pagi rupanya cukup menggelitik untuk dikaji lebih dalam. Seberapa jauhkah akibat yang akan ditimbulkannya? Baik bagi orang mengucapkannya maupun bagi yang diberi ucapan selamat pagi.

Menurut seorang pakar komunikasi, Willbur Schramm (dalam Hafied Cangara: 1998), komunikasi dan masyarakat merupakan dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Sebab tanpa komunikasi, masyarakat tidak mungkin terbentuk dan begitu juga sebaliknya tanpa adanya masyarakat, manusia tidak mungkin mengembangkan komunikasi.

Selamat pagi adalah salah satu bentuk komunikasi verbal yang dilakukan antara manusia satu dengan manusia lainnya. Bagi pebisnis yang memberikan ucapan selamat pagi kepada relasinya. Hal ini tidak saja dapat mempererat hubungan bisnis antara keduanya, tetapi juga dapat mempererat hubungan personal yang dapat berkembang dan digunakan untuk tujuan tertentu. Sebagai pelancar urusan bisnis misalnya.

Ucapan selamat pagi yang kita diungkapkan kepada pasangan menunjukkan perhatian kita kepadanya. Tak ada hal yang lebih indah daripada mendapatkan ucapan ini dari orang yang kita kasihi. Ucapan ini seolah memberikan energi lebih kepada kita untuk mengawali hari. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mengungkapkan mengapa hal ini bisa terjadi, namun fakta yang dapat diamati ketika kita mengucapkan selamat pagi kepada pasangan adalah ternyata hal ini dapat memotivasinya untuk menghadapi hari. Sugesti positif yang muncul dari ucapan selamat pagi yang diucapkan oleh pasangan rupanya sangat memberikan dampak psikologis kepada pasangan.

Selain sebagai rutinitas, ucapan selamat pagi ini juga bisa digunakan sebagai pendongkrak semangat kepada murid-murid. Mereka akan merasa diperhatikan dan diperlakukan dengan baik, sehingga dapat memberikan motivasi untuk lebih bersemangat menjalani kegiatan. Dengan saling memberi ucapan selamat pagi, berarti guru dan murid telah melakukan suatu komunikasi yang baik. Hal ini penting karena bila komunikasi yang terjalin antara mereka kurang baik, maka belajar hanya akan merupakan proses transfer ilmu dari guru kepada murid belaka. Tidak akan ada perhatian, bimbingan, pengarahan, rasa saling menghormati dan saling membutuhkan antara satu dengan lainnya.

Beberapa contoh yang telah disebutkan di atas memberikan gambaran bahwa ternyata ucapan selamat pagi yang awalnya hanya sebagai rutinitas ternyata mempunyai nilai lebih. Selamat pagi kemudian berkembang sehingga memiliki berberapa fungsi yang cukup penting dalam kehidupan manusia.

Faktanya, efek yang ditimbulkan oleh ucapan selamat pagi tidak sesederhana pengucapannya. Hubungan yang terjalin antara pemberi dan penerima ucapan menunjukkan ikatan yang erat antara komunikasi dan manusia. Manusia terbukti mampu mengembangkan komunikasi, yang dalam hal ini kita mengambil contoh bahwa komunikasi juga dapat memberikan dampak luar biasa kepada psikologis seseorang. Lalu, sudahkan anda mengucapkan selamat pagi kepada orang terkasih anda pagi ini?

ika dwi pratiwi/362012063

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s