Facebook as Social Media Communication

Oleh | Maria Marlinka Sabrina Paulina S.L | 362012042

Komunikasi adalah sebuah proses dimana terjadi interaksi antara seorang komunikator dengan komunikan. Materi percakapan yang terjadi di dalamnya yang berupa pertukaran pesan itulah yang disebut sebagai proses komunikasi. Inti dari komunikasi sendiri adalah berupa kesamaan persepsi dalam pertukaran pesan yang saling disampaikan (semiotik). Apabila dalam penyampaian pesan ini terjadi suatu gangguan atau yang biasa disebut ‘noise’ , hal ini dapat mengganggu makna yang ingin disampaikan oleh komunikator kepada komunikan atau pun sebaliknya,efek yang dapat terjadi adalah akibat gangguan ini adalah kesalah pahaman atau misscommunication. (Fiske,2012:1-3)

Ada penjelasan lain untuk memahami komunikasi sebagai sebuah proses.  Pandangan Richard West & Lynn H (2008: 5)  menyatakan komunikasi adalah “proses sosial di mana individu-individu menggunakan simbol-simbol untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka.”  Dari penjelasan tersebut ingin  menggambarkan bagaimana komunikasi itu tidak hanya berdiri sendiri saja tapi juga adanya faktor-faktor yang membangun di dalamnya seperti, “ Sosial ; Proses; Simbol; Makna; Lingkungan”. Kelima unsur inilah yang turut serta dalam membangun akan pengertian akan komunikasi.

Namun kasus kali ini penulis tidak akan mengangkat apa itu definisi komunikasi, namun akan lebih kepada mengapa komunikasi itu menjadi penting sebagai salah satu tujuan besar dari penulisan kali ini. Dari kelima unsur yang ada di atas penulis akan coba menguraikan mengapa pentingnya berkomunikasi itu melalui faktor lingkungan. Maka judul tulisan yang penulis angkat adalah “ Facebook as Social Media Communication”Gambar.

Sebagaimana kita ketahui bahwa komunikasi diera modern seperti saat ini sudah menjadi keharusan oleh setiap orang, dalam segala aspek kehidupan kita. Karena arus informasi yang terus berjalan dengan kencangnya membuat setiap individu seakan-akan ingin selalu mengetahui berbagai perkembangan terbaru akan segala hal. Facebook sebagai salah satu bentuk social media  yang menjadi salah satu account dengan pengguna terbanyak merupakan salah satu tempat yang dijadikan tempat untuk saling bertukar informasi dengan berbagai kalangan masyarakat yang menjadi member di dalamnya. Dari data yang ditemukan mengenai jumlah pengguna facebook yang mencapai 1M pengguna facebook di dunia. (http://edykurniawan27blog.blogspot.com/2012/09/jumlah-pengguna-facebook-tahun-2012-1.html)

Dari data tersebut kita dapat melihat bagaimana perkembangan komunikasi yang terus melesat dan semakin menarik banyak peminatnya. Karena facebook sendiri menyediakan tool-tool yang sangat membantu dalam melakukan proses komunikasi dengan teman-teman lain yang berada di tempat yang jauh sekalipun.

Melalui sosial media seperti facebook ini pun membuat jarak pun menjadi tidak berarti, karena walau berada di tempat yang jauh sekalipun, selama dapat terhubung dengan internet maka komunikasi dapat tetap terjalin dengan baik. Serta membantu bagi teman-teman yang sangat gemar membagi informasi apapun kepada teman lain melalui status di fb atau pun untuk chat on-line,  dengan kecanggihan seperti ini membuat komunikasipun menjadi sangat mudah  dan semakin membantu.

Komunikasi dalam dunia inipun menjadi sangat penting untuk berbagai hal. Hal yang kecil pun dengan kecanggihan teknologi yang dapat membantu kita membuat jangkuan kita untuk menggapainya pun menjadi lebih mudah. Selama sosial medai yang kita gunakan pun dapat kita pakai dengan sebijak mungkin.

Daftar Pustaka:

John Fiske.2012.Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Richard West & Lynn H.2008.Pengantar TEORI KOMUNIKASI (Analisa dan Aplikasi). Jakarta: Salemba Humanika

(http://edykurniawan27blog.blogspot.com/2012/09/jumlah-pengguna-facebook-tahun-2012-1.html) (18 nov 2012 : 11.40)

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s