We Cannot Not Communicate

Terdapat banyak pengertian mengenai komunikasi yang disampaikan oleh para ahli, seperti menurut Berelson dan Stainer, komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar, dan angka. Sedangkan menurut Ruesch, komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan. Hingga tahun 2000 tercatat ada sekitar 160 jumlah pengertian mengenai komunikasi namun dari semua pengertian itu terdapat satu kesamaan arti yaitu komunikasi adalah penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak yang lainnya. Dalam proses ini diharuskan untuk semua pihak menerima makna pesan yang sama sehingga komunikasi dapat dikatakan berhasil.

Komunikasi dalam kehidupan manusia digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia yang ada. Komunikasi menjadi seperti sebuah kebutuhan sehingga pada akhirnya kita sebagai manusia tidak dapat untuk tidak berkomunikasi baik dalam bentuk verbal ataupun non verbal. Dari pernyataan-pernyataan mengenai komunikasi ini kemudian muncul pertanyaan, mengapa dan apa yang membuat komunikasi ini menjadi begitu penting?

Menurut Harold D. Hasswell komunikasi sangat penting bagi manusia supaya manusia dapat mengontrol lingkungannya, beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka berada, serta melakukan transformasi warisan sosial kepada generasi berikutnya.

Komunikasi dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikannya sangat penting. Dalam kehidupan, manusia tidak mungkin tidak memerlukan makhluk lain dalam memenuhi kehidupannya. Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang sangat membutuhkan makhluk lainnya dan dengan adanya komunikasi maka kehidupan itu akan berjalan lebih mudah. Karena dengan komunikasi manusia dapat bertukar informasi dan berinteraksi guna membina hubungan yang baik dengan sesamanya, komunikasi juga membantu manusia dalam mengidentifikasikan objek-objek yang ada disekitarnya dan dengan demikian manusia tidak salah dalam mengartikan banyak hal yang ditemuinya selama manusia masih hidup.

Dengan berkomunikasi manusia tidak hanya dapat memberikan informasi tetapi juga dapat menghibur, mempengaruhi dan bahkan mendidik. Kecanggihan yang ada pada zaman sekarang pun memudahkan manusia untuk melakukan banyak hal dalam bidang komunikasi. Teknologi yang ada mempersingkat waktu dan mempercepat prosesnya. Hanya dengan menyaksikan iklan sebuah produk di televisi saja saat ini kita dapat mendapat informasi dan bahkan manusia akan terpengaruh dengan tawaran-tawaran yang telah dikomunikasikan.

Jika saja manusia tidak mau untuk berkomunikasi yang akan terjadi adalah manusia akan tertinggal dan tidak dapat berinteraksi dengan baik dengan sesamanya. Manusia akan mengerjakan segala sesuatu yang akan digunakan untuk memenuhi kehidupannya sendiri. Seperti contohnya ketika manusia membutuhkan nasi maka manusia itu sendirian tanpa bantuan dari pihak lain akan menanam padi sendiri, menunggu berminggu-minggu bahkan bulan untuk memanennya dan kemudian mengolahnya sendirian hingga menjadi beras lalu masih mengolahnya hingga menjadi nasi yang dapat dimakan. Hal ini tidak mungkin dilakukan oleh manusia sendirian, kita harus berkomunikasi dengan banyak pihak untuk saling membantu hingga kita dapat mendapatkan nasi yang kita butuhkan. Dan itulah pentingnya kita berkomunikasi.

Sumber :

http://www.scribd.com/doc/28624889/Definisi-Dan-Fungsi-Komunikasi

http://sulastomo.blogspot.com/2010/12/fungsi-dan-tujuan-komunikasi.html

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s