Title (optional)

Ruth Karina Binti

Progdi. Komunikasi

NIM 362012005

 AYO KITA BERTEMAN!

 

Kita selalu berkomunikasi. Kita tidak bisa menghindari  komunikasi. Setiap saat kita selalu berkomunikasi, dengan teman, keluarga, verbal atau non verbal. Berkomunikasi tidak harus selalu dilakukan seperti bebicara dengan kata-kata atau bahasa. Dengan tindakan atau body language yang kita lakukan, kita sudah berkomunikasi.

Komunikasi sudah menjadi kebutuhan penting untuk manusia. Manusia itu mahkluk sosial, sampai kapan pun selalu memerlukan orang lain. Nah, tidak hanya memerlukan orang lain, tapi manusia juga memerlukan komunikasi. Dengan komunikasi manusia bisa mengekspresikan, mengembangkan kepribadiannya, dan berintekasi sosial dengan orang lain.

Ngomong-ngomong soal berinteraksi sosial dengan orang lain, kita pasti ingin mempunyai banyak teman. Rasanya sangat menyenangkan jika kita mempunya banyak teman. Bagaimana kita memulainya? Tentu dengan berkomunikasi. Kita berkenalan dengan orang yang belum kita kenal. Dalam masa perkenalan itu kita selalu berkomunikasi, hingga akhirnya kita betul-betul mengenal orang yang sekarang kita sebut ‘teman’.

Salah satu tujuan komunikasi menurut Hewitt (1981) adalah untuk berhubungan dengan orang lain. Karena itu kita berkomunikasi dengan orang lain, membentuk suatu hubungan atau pertemanan dengan orang lain.

Ada seorang teman yang saya tahu, saya tidak begitu kenal orang tersebut secara pribadi. Dia orang yang cukup dikenal atau ‘terkenal’, karena dia berteman dengan banyak orang yang cukup dikenal di wilayah yang dulu pernah saya tinggali.

Biasalah,  anak muda suka nongkrong kesana kemari ke tempat yang menjadi tempat tongkrongan favorit, atau hadir di gigs yang biasa diakan di akhir pekan. Saya tidak sengaja bertemu teman tersebut, dan kita mulai berbincang. Sambil kita berbincang, saya memperhatikan dan saya mengetahui, bahwa dia type orang yang sangat lihai berbincang. Dia sangat lihai berbincang, berkomunikasi dan berkoneksi dengan baik terhadap orang lain.

Dari sini saya semakin mengetahui bahwa komunikasi memang sangat diperlukan bagi kita manusia. Karena memang sudah menjadi hasrat manusia untuk selalu ingin berteman, mengetahui, mengenal seseorang. Dimana kita ingin berkoneksi dengan seseorang. Dan dengan komunikasi lah kita bisa memenuhi semua itu.

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s