Plus dan Minus Komunikasi Media Elektronik ( Andy Agus Kristanto 362012601)

Plus dan Minus Komunikasi Media Elektronik

Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Komunikas membuat orang orang bisa saling memahami. Dahulu komunikasi hanya bisa dilakukan orang yang berdekatan , namun seiring perkembangan jaman komunikasi pun semakin berkembang. Kini semua orang bisa berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia yang lain , bahkan orang kini bisa saling mengenal tanpa harus bertatap muka. Dengan media elektronik hal itu dapat dilakukan dengan mudah , kita hanya butuh fasilitas yang memadai. Contohnya dengan handphone , laptop/komputer dan media media lainnya.

Meskipun begitu , komunikasi melalui Media elektronik mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam mengkomunikasikan pesan. Disini akan saya bahas beberapa plus dan minus dari komunikasi elektronik :

Keuntungan :

Mudah di bawa kemana mana , contohnya handphone dan laptop + internet. Dengan itu kita bisa mengjangkau area manapun. Membuat komunikasi lebih menyenangkan dan menjadi aktifitas yang tidak memusingkan.

Percakapan bisa menjadi lebih mudah dimengerti. Untuk orang yang mengalami gangguan penglihatan kita bisa mengirimkan audio audio untuk didengarkan , untuk orang yang mengalami gangguan pendengaran kita bisa mengirimkan gambar atau pesan teks yang bisa dilihat.

Membuat proses memberi dan menerima informasi lebih cepat. Kemajuan komunikasi elektronik membuat proses pertukaran informasi bisa berlangsung dalam hitungan detik. Dulu untuk mencari informasi kita harus bertanya tanya pada orang atau membaca buku. Kini dengan google(dot)com proses mencari informasi menjadi lebih mudah.

Dengan menggunakan media elektronik kita bisa menambah relasi teman dari belahan dunia lain yang tak bisa kita kunjungi. Contohnya dengan saling mengirim email , testimonial di friendster atau dengan facebook.

Kerugian :

Membuat seseorang menjadi malas untuk bergaul di dunia nyata. Media elektronik membuat segalanya menjadi instan , dan keinstanan itu menimbulkan kemalasan manusia. Manusia menjadi lebih gampang menyerah akan hal hal yang membutuhkan proses. Begitulah..

Keamanan dalam berkomunikasi menjadi tidak seaman komunikasi langsung. Komunikasi melalui media elektronik sekarang menjadi berbahaya karena banyak hacker(orang yang kepo alias pengen tau urusan orang lain). Kadang hacker juga sering menipu dan mencuri harta benda atau informasi seseorang melalui media elektronik. Dan kadang ini sulit di deteksi oleh orang awam.

Membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi yang memiliki handphone harus membeli pulsa tapi yang pertama tama harus punya handphone dulu. Biaya lain yang tidak sedikit adalah membayar koneksi internet. Dan koneksi internet gak akan bisa apa2 tanpa komputer. Jadi pertama tama harus beli komputer dulu.

Komunikasi dengan elektronik yang dapat di ubah ubah oleh siapapun dapat menyebabkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Dan kesalahpahaman biasa menyebabkan konflik. Konflik menyebabkan perang dan perang menghabiskan nyawa. Jadi pengguna media elektronik harus cerdas untuk menyampaikan pesannya supaya tidak salah mengertikan.

Walaupun begitu , komunikasi dalam bentuk media elektronik adalah hal yang tak mungkin bisa di hindarkan. Ada harga yang harus ditanggung utk menggunakan fasilitas tersebut. Jadi setiap hal yang kita sampaikan melalui media elektronik mempunyai konsekuensi yang harus ditanggung oleh pribadi masing masing. Konsekuensi tidak mungkin bisa kita hindari , hal itu harus dihadapai walaupun badai menghadang. Wassalam =]

 

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s