Pentingnya Komunikasi di dalam masyarakat

RORO HANALIESIA S / 362012059

“ kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, untuk membangun kontak sosial dengan orang di sekitar, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir atau berperilaku seperti yang kita inginkan.” Thomas M. Scheidel

Komunikasi adalah suatu timbal balik atau bertukar fikiran antar satu orang atau lebih.Kita sebagai masyarakat tidak akam bias hidup sendiri . kita akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Komunikasi sangat penting dalam masyarakat . contohnya disaat suatu desa atau wilayah tempat tinggal itu mengadaka suatu acara atau kegiatan maka kepala desa, perangkat desa , dan masyarakat  harus kompak, maka dari itu harus ada komunkasi antara perangkat desa dengan masyarakat .

KOMUNIKASI MASYARAKAT

Dengan komunikasi, manusia melakukan berbagai penyesuaian diri yang diperlukan, memenuhi berbagai kebutuhan dan tuntutan yang ada sehingga masyarakat manusia tidak tercerai-berai. Melalui komunikasi pula manusia mempertahankan institusi-institusi sosial berikut segenap nilai dan perilaku, tidak hanya dari hari ke hari, tetapi juga dari generasi ke generasi.

 

Jika di dalam masyarakat tidak ada komunikasi yang baik maka akan kerap terjadi miss komunkasi , contohnya perdebatan yang dikarnakan perbedaan pendapat atau tujuan yang berbeda . pertengkaran yang akan terjadi. Masyarakat tidak dapat dipisahkan dengan komunikasi, tanpa kamunikasi didalam bermasyarakat akan terasa hambar, tidak bermakna dan tidak adanya interaksi sosial, Adanya kehidupan bersama disebabkan oleh adanya interaksi sosial.

PERTKAIAN

Tanpa berkomunikasi, manusia tidak akan tahu bagaimana makan, minum, berbicara sebagai manusia dan memperlakukan manusia lain secara beradab, karena perilakuperilaku tersebut dipelajari lewat pengasuhan keluarga dan pergaulan dengan orang lain, yang intinya adalah komunikasi.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s