PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM SEBUAH HUBUNGAN

NAMA : NOVITA PUJI LESTARI

NIM : 362012022

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM SEBUAH HUBUNGAN

Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan kepada seseorang dengan tujuan atau maksut kesepahaman. Komunikasi pun juga bisa disebut interaksi. Komunikasi itu tidak hanya berlangsung dalam sebuah ruang hampa sosial tetapi komunikasi juga berlangsung dalam situasi tertentu. Tujuan kita berkomunikasi adalah bukan hanya untuk mengenal diri sendiri melaikan juga mengenal diri orang lain , kita dapat mengetahui dunia luar, menciptakan dan memelihara sebuah hubungan dengan orang lain, dan masih banyak lain tujuan-tujuan berkomunikasi.

Komunikasi itu bisa berlangsung dalam sebuah hubungan. Hubungan pertemanan , hubungan dalam keluarga, hubungan di lingkungan hidup , dan masih banyak lagi.

Dalam hubungan pertemanan kita memerlukan suatu komunikasi atau interaksi. Berkomunikasi dalam pertemanan itu memeliki tujuan, tujuannya adalah untuk mengenal karakter atau sifat teman kita, untuk memelihara hubungan pertemanan, bisa untuk mengubah sikap dan perilaku teman kita yang mungkin kurang baik, kita juga bisa membantu teman kita bila teman kita memiliki masalah. Bila suatu hubungan pertemanan tidak ada komunikasi pasti akan terjadi suatu miss communication, karena dalam suatu hubungan itu memerlukan komunikasi. Bila dalam hubungan pertemanan pertemanan terjadi salah dalam berkomunikasi pasti akan terjadi konflik dalam berhubungan, karna tidak adanya interkasi yang terjadi di antar dua belah pihak. Bukan hanya hubungan dalam pertemanan tetapi hubungan dalam sebuah keluarga juga memerlukan komunikasi.

Komunikasi dalam keluarga sangat penting, karena bila tidak ada komunikasi antar orang tua dan anak-anaknya pasti hubungan antara anak dan orang tua kurang harmonis dan akan terjadi sebuah konflik antara keluarga tersebut. Tujuan terjadinya komunikasi dalam sebuah keluarga adalah untuk mendekatkan hubungan antar orang tua dan anak, mengenal karakter orang tua dan anaknya, membantu masalah yang di alami oleh anaknya. Komunikasi di dalam keluarga itu sangatlah di butuhkan, bila anak melakukan kesalahan , anak memiliki masalah kita harus menggunakan komunikasi dengan cara berinteraksi antara orang tua dan anak-anaknya. Hubunga berkomunikasipun bukan hanya terjadi di dalam pertemanan ataupun keluarga, tetapi komunikasi pun juga terjadi di dalam lingkungan hidup. Seperti lingkungan di dalam kampung dan lingkungan tetangga.

Di dalam suatu lingkungan antar tetangga sangat memerlukan komunikasi, bila tidak ada komunikasi satu sama lain pastinya dalam lingkungan tersebut tidak akan terjadi interaksi satu sama lain. Komunikas di lingkungan sangat penting karena bertujuan supaya mengenal satu sama lainnya. Interaksi yang terjalin di lingkungan tetangga bertujuan untuk mengenal satu sama lain, bila salah satu tetangga kita bisa saling membantu, menciptakan hubungan yang baik, bisa saling membantu sama lain, bila berkomunikasi atau berinteraksi dalam tetangga itu peting supaya tidak terjadi miss communication dan terjadi konflik antar tetangga.

Kegiatan komunnikasi di dalam sebuah hubungan itu bertujuan untuk bertukar pikiran, perasaan, dan informasi. Komunikasi juga membuat orang lebih tau, dan membuat juga sebuah hubungan yang simpatik.

Dari beberapa masalah diatas dapat di simpulkan cara berkomunikasi yang baik adalah :

  1. Berbicara dengan jelas.
  2. Mendengarkan apa yang diucapkan lawan bicara dan memberikan respon yang baik.
  3. Peliharalah kontak mata pada tingkatan yang sama dan terus menatap dengan saling menghindari tatapan.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s