PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

test tengah semester pengantar ilmu komunikasi

nama : Elisa tri okta sari

nim    : 362012041

judul  : pentingnya komunikasi dalam kehidupan manusia

Keberadaan komunikasi didalam kehidupan ini menurut saya sangatlah penting. Karena dengan komunikasi kita bisa membentuk sebuah relasi dengan individu maupun kelompok lainnya, dan relasi tersebut dibutuhkan dalam kehidupan sosial yang pasti dimiliki oleh masyarakat. Istilah komunikasi berpangkal pada perkataan latin communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih, komunikasi juga berasal dari akar kata dalam bahasa latin communico yang artinya membagi (“cherry dalam stuart, 1983” pengantar ilmu komunikasi, prof.Dr.H. Hafied cangara,M.Sc.,2007) .

Dari pernyataan tersebut, saya berpendapat kalau syarat untuk terjalinnya relasi harus diawali dengan sebuah komunikasi. Alasannya mengapa harus ada komunikasi terlebih dulu adalah karena komunikasi itu berguna untuk pengenalan, pengenalan terhadap sesuatu yang baru yang belum pernah kita temui. Contohnya, seseorang yang baru pertama kali berada disebuah tempat kerja yang baru dan ia belum kenal dengan partner kerjanya,orang baru tersebut dengan alamiah akan berkenalan dengan partner kerjanya yang baru itu, dengan berjabat tangan dan mengucapkan salam perkenalan, tujuan dari berkenalan tersebut adalah agar terjalinlah sebuah relasi antar partner kerja. Saat berkenalan orang tersebut dapat dikatakan telah melakukan komunikasi. Maka, Bisa dikatakan pula kalau komunikasi itu sebuah “Jembatan” bagi hubungan antar manusia.

Harold D. Lasswell mengemukakan bahwa fungsi komunikasi antara lain

(1)   Manusia dapat mengontrol lingkungannya,

(2)   Beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka berada,

(3)   Serta melakukan transformasi warisan sosial ke generasi berikutnya

Selain itu ada beberapa pihak menilai bahwa dengan komunikasi yang baik, hubungan antarmanusia dapat dipelihara kelangsungannya.sebab, melalui komunikasi dengan sesama manusia kita bisa memperbanyak sahabat, memperbanyak rejeki, memperbanyak dan memelihara pelanggan, dan juga mempelihara hubungan yang baik antara bawahan dengan atasan atau sebaliknya dalam suatu organisasi. (pengantar ilmu komunikasi, prof.Dr.H. Hafied cangara,M.Sc.,2007,hal 59) .

komunikasi itu merupakan sebuah proses untuk menyampaikan maksud atau pesan yang menjadi tujuan kita kepada orang lain. Sehingga, jika manusia ingin menyampaikan apa yang ia maksudkan, ia harus berkomunikasi. Begitu pula sebaliknya kita bisa memahami seseorang dengan melalui komunikasi. Komunikasi yang terjalin itu tidak harus melalui komunikasi verbal melainkan juga bisa melalui komunikasi non verbal (bahasa tubuh). Contohnya, ada orang yang wajahnya sedang muram kita sebagai orang lain bisa saja menyimpulkan kalau orang itu sedang sedih atau sakit. Dengan  hal itu, kita bisa mengerti apa yang orang lain sampaikan kepada kita dan kita juga bisa menyampaikan maksud kita kepada orang lain.

bayangkan jika  kita manusia tidak berkomunikasi, kita tidak bisa berkenalan dengan orang lain, kita tidak bisa membangun relasi dengan partner, tidak bisa bersosialisasi, dan kita tidak bisa berkembang, kita juga tidak bisa punya banyak pengalaman. Karena menurut saya komunikasi itu akan terus ada seiring atau sejajar dengan perkembangan manusia. Manusia tidak berkembang tanpa ada komunikasi, dan komunikasi tidak mungkin ada tanpa ada manusia. Bisa dikatakan manusia itu tidak bisa terlepas dari komunikasi, dengan diri sendiripun manusia tidak bisa terlepas dari komunikasi,hal ini disebut dengan komunikasi interpersonal. Dasar saya berargument seperti ini adalah bayangkan saja orang yang selalu menutup dirinya dengan orang lain dan sedikit melakukan komunikasi dengan orang lain,dia sudah jelas akan mengalami keterlambatan dalam pengembangan pribadinya dan akan sedikit mempunyai pengalaman, orang tersebut akan menjadi pemalu dan kurang percaya diri atau dengan kata lain orang yang kurang berkomunikasi juga akan mempengaruhi psikologis seseorang, yang menjadikan ia lambat untuk berkembang.

Dalam buku pengantar ilmu komunikasi,prof.Dr.H. Hafied Cangara, M.Sc,hal59 tentang fungsi komunikasi, mengatakan bahwa fungsi lain dari komunikasi dilihat dari aspek kesehatan,ternyata kalangan dokter jiwa menilai bahwa orang yang kurang berkomunikasidengan masyarakat mudah terkena ganggguan jiwa (
depresi)dan kanker sehingga memiliki kecnderungan cepat mati dibanding dengan orang yang senang berkomunikasi. Oleh karena itu, nabi Muhammad pernah bersabda bahwa jika engkau ingin berusia panjang maka bersilahturamilah.dengan kata lain “berkomunikasilah”

Kesimpulannya saya, komunikasi itu penting dalam kehidupan kita sehari-hari, karena komunikasi berguna untuk penyampaian pesan kepada orang lain sehingga timbul suatu kepahaman maksud satu sama lain. Komunikasi juga penting dalam terjalinnya sebuah relasi antar manusia, komunikasi juga penting dalam pembentukan karakter dan pribadi seseorang, karena dengan berkomunikasi manusia bisa membentuk pengalaman sehingga manusia bisa berkembang. Selain itu semua ternyata komunikasi juga penting untuk kesehatan psikologis manusia.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s