Pentingnya komunikasi dalam bidang bisnis

Nama              : Stenly Kakisina

NIM                : 362012076

seperti yang kita ketahui bersama jika komunikasi merupakan elemen terpenting yang diberikan tuhan kepada manusia, karena dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup bukan benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi harapan kita untuk tetap berperan sebagai manusia

Selain komunikasi ada juga faktor penting yang harus kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, karena dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia.Jika komunikasi adalah elemen yang membedakan kita sebagai makhluk hidup dengan benda, bisnis juga merupakan elemen penting yang tidak hanya membedakan kita dengan benda, tetapi juga membedakan kita sebagai manusia dengan hewan (walaupun saya tidak tau juga apakah hewan menjalankan roda bisnis, karena yang saya tau hewan sangat patuh pada hukum rimbanya  ).

Kita gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa, terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya ini
namun, sebenarnya apakah komunikasi bisnis ini?

Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.Karena Komunikasi bisnis ini merupakan komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita tidak boleh melanggar norma-norma yang ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melakukan komunikasi.

Sejak lahir ke dunia ini kita sudah dikaruniai kemampuan yang luar biasa untuk berkomunikasi. Lebih spesifiknya kemudian diterapkan dalam dunia bisnis. Setiap komunikasi bisnis yang dilakukan hendaknya atas keinginan kedua belah pihak, disini diciptakan agar tidak ada yang merasa dipaksa atau terpaksa, jadi atas dasar sukarela atau keikhlasan masing-masing pihak, dan tidak ada yang dirugikan sehingga tercipta suatu komunikasi yang baik antara kedua belah pihak.

Komunikasi adalah hal utama yang selalu dilakukan dalam memperkenalkan bisnis kita kepada orang lain, komunikasi tidak akan cukup dilakukan hanya sekali, mungkin akan lebih efektif secara berulang-ulang, namun jangan terlalu sering, buatlah jadwal yang tepat kapan kita menawarkan suatu produk, dan kapan kita harus mengulangnya lagi, dan berikan materi yang berbeda-beda walaupun tujuan yang ingin kita capai adalah sama.

Bentuk komunikasi yang bisa dilakukan bisa satu arah atau dua arah tergantung media apa yang digunakan, dan tujuan yang ingin dicapai antar kedua belah pihak, jika yang diinginkan hanya sebatas informasi tentang suatu produk, maka yang diciptakan hanya cukup satu arah, namun jika ingin meminta penjelasan lebih detail dapat dilakukan dengan dua arah, tergantung kebutuhan dan kesanggupan masing-masing pihak dan tetap pada tujuan yang ingin dicapa

Berikut adalah beberapa pengertian komunikasi bisnis yang diambil dari beberapa sumber :

·         Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun  partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll. Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).

         Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.

      Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.

      Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar pribadi maupun komunikasi lintas budaya. Komunikasi antar pribadi (interpersonal communications ) merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan komunikasi lintas budaya ( intercultural / communication ) merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih, yang masing – masing memiliki budaya yang berbeda.

Daftar pustaka :

1.       Dr. Roy Rondonuwu, Dipl. Inf. M.Lib, Bahan Kuliah Komunikasi Bisnis Program Magister Universitas Padjdjaran, 2007

2.       Yustina Sumardi & Sartini Moertono, Materi Pokok Komunikasi Bisnis, IBI,

3.       Ido Priyono, Materi Kuliah Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra, 2000/2001

4.       Bob Widyahartono, Strategi Pemasaran dalam Krisis Moneter: factor Sukses Utama Memasuki Pasar Global, Asia Pacific Manajemen Forum and Orient Pacific Century, 1999.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s