Pentingnya Berkomunikasi Dalam Pembelajaran Dosen kepada Mahasiswa / Ferdina Zikif Effendi / 362012052

Pentingnya Berkomunikasi Dalam Pembelajaran Dosen kepada Mahasiswa

jurnal-sdm.blogspot.com/…/komunikasi-arti-fungsi-dan-bentuk.html

Pengertian Komunikasi
(Effendy, 2000 : 13). Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan. 

 

Apa itu komunikasi? Awalnya saya bingung dengan apa itu komunikasi padahal dalam kehidupan apa yang kita lakukan berkaitan dengan komunikasi, Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi antar personal maupun antar masyarakat agar terjadi keserasian untuk mendapatkan kesepahaman yang sama.

 

Komunikator à PesanàKomunikan

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media terrtentu untuk menghasilkanefek / tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.

 

Sehingga dalam hidup ini selalu ada komunikasi baik intrapersonal maupun antarpersona Komunikasi Intrapersona: proses komunikasi yang berlangsung dalam diri seseorang

Contoh: Seseorang sedang patah hati yang sedang merenungi nasibnya dia terdiam tidak melakukan komunikasi, tetapi dirinya melakukan komunikasi dengan dirinya sendiri.

Komunikasi Antarpersona: proses komunikasi yang berlangsung antara individu satu dengan individu lain. Contoh: Seseorang bertemu dengan teman lamakemudian saling bertukar cerita.

 

Tidak disangkal akan pentingnya Komunikasi, Disini saya akan bicara pentingnya berkomunikasi dalam Pembelajaran Dosen Kepada Mahasiswa, menginggat dalam pembelajaran banyak latar belakang mahasiswa. Dari asal tinggal mereka, cara berbicara dll. Yang bisa membuat akan adanya tidak kesepahaman..

 

Nah pembahasan kali ini saya mengambil tema pembelajaran dosen kepada masiswa pembahasan ini dosen mengunakan komunikasi antarpersonal. Jadi saat dosen memberikan pembahasan materi kepada mahasiswanya dosen ini sebagia komunikator atau orang yang menyampaikan pesan dan melalui media seperti slide show dosen ini menyampaikan materi  pembelajaran yang juga disebut pesan . Mahasiswa memperhatikan penjelasan dari dosen dan di mengerti oleh mahasiswa dengn kesepahaman yang sama, Mahasiswa dalam kondisi seperti ini  sebagai kaomunikan , dimana komunikan orang yang menerima pesan.

 

Dalam pembelajaran sehari hari banyak sekali hal-hal yang kita temui saat komunikasi itu berlangsung. Gangguan berkomunikasi, yaitu pesan yang disampaikan komunikator tidak sampai kesepahaman yang sama kepada komunikan. Fungsi komunikasi  ada beberapa hal menurut

Dosen Pengantar Ilmu Komunikasi: Mas Ericsson

educate àmendidik / pembelajaran Cara komunikasi antar personal yang sifatnya memberikan informasi pembelajaran  yang orang lain belum tau dan menjadi tau, dan informasi ini berguna bagi orang yang diberikan informasi Fungsi ini dapat dilakukan disaat kita mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Misalnya : Dosen memberikan materi, belajar dengan taman,.

persuade àmeyakinkan  Cara komunikasi ini meyakinkan komunikan untuk tertarik akan hal atau informasi yang kita bawakan/ sampaikan. Fungsi ini dapat digunakan untuk menjadi petinggi daerah maupun Negara. Misalnya: Iklan TV yang mengiklankan produk , bujukannya atau mempengaruhi pemirsanya untuk menggunakan produk tersebut

entertain àmenghibur Cara komunikasi ini untuk menghibur, informasi yang diberikan senantiasa memberikan hiburan bagi komunikan agar tidak bosan . Fungsi ini dapat dilakukan disaat kita mengeluti bidang entertain, hal yang bisa kita lakuan agar bisa menghibur dan cara kita untuk menyampaikan pesan tidak membosankan bagi para komunikan. Misalnya: Musik, Komedi, Tari, Olah Raga

­inform àmenginformasikanCara komunikasi antar personal yang sifatnya memberikan informasi yang real dan teruji kebenarannya. Fungsi ini dapat di perankan sisaat kita mempunyai informasi yang benar dan layak untuk di berikan kepada komunikan. Misalnya: Media massa, melaporkan hal-hal luar biasa ataupun berita-berita aktual kepada publik/audiens sehingga publik menjadi mengetahui dan mengerti akan berita tersebut.

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s