Pentingnya bahasa tubuh seorang penari

Dorothy Loisis Riyadi

362012058Gambar

Pada umumnya semua jenis komunikasi sangatlah penting, baik komunikasi verbal maupun non verbal. Namun tidak banyak orang dapat mengerti pesan apa yang mau disampaikan oleh sender komunikasi non verbal, karna biasanya komunikasi non verbal lebih abstrak.

Pada dasarnya komunikasi itu selalu Intentional, maka pesan yang akan disampaikan komunikan non verbalpun harus intentional.

Seperti contohnya tarian, tidak banyak orang menyadari kalau saat kita menari ada pesan yang ingin kita sampaikan di setiap gerakan yang kita tarikan. Maka dapat dikatakan bahwa tarian termasuk komunikasi massa karna para penari menyampaikan pesan tariannya kepada massa secara langsung.

Tarian yang sangat bisa kita lihat secara jelas pesannya ialah tarian jenis kontemporer. Budaya barat memperkenalkan tarian ini kepada massa di dunia yang mengakibatkan effect afeksi. Menurut saya tarian punya bahasa tubuh yang sangat menarik. Tanpa kita bicara dengan hanya menggerakan tubuh kita sesuai apa yang akan kita sampaikan, tarian kontemporer inipun harus punya emosi tersendiri, agar massa dapat merasakan apa yang mau para penari lewat tarian tersebut.

Sebuah genre tari konser yang menggunakan sistem dan metode yang ditemukan di tari modern dan tari postmodern, serta balet klasik. Tari kontemporer menarik tentang teknik tari modern serta filsafat yang lebih baru dari gerakan yang berangkat dari teknik tari klasik dengan menghilangkan sama sekali bentuk dan gerakan terstruktur.

Memang tidak bisa dipungkiri jika komunikasi non verbal seperti media juga penting, namun menurut saya tarian juga termasuk salah satu komunikasi non verbal yang tidak kalah penting! Patut kita beri jempol untuk para penari-penari ini, mereka dapat menyampaikan pesan mereka hanya dengan lewat bahasa tubuh yang tidak semua orang bisa menyampaikannya.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s