KOMUNIKASI UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN KARIER

Filia Tirza Radjangolo

362012075

“Komunikasi internal harus diakui sebagai alat penting manajemen yang baik. Ada kebutuhan khusus bagi setiap manager untuk memahami bahwa komunikasi yang baik adalah cara untuk mencapai tujuan perusahaan; komunikasi adalah cara membangun kerja tim yang baik; komunikasi adalah cara memperoleh uang” – Lynn Townsend 

Di sini kita akan membahas tentang “manfaat dari berkomunikasi?”, tapi sebelumnya “apa itu komunikasi?”. Komunikasi atau communication dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin communis yang berarti “sama”, communico, communicatio, atau communicare yang berarti “membuat sama”. Isitilah pertama (communis) adalah istilah yang paling sering disebut sebagai asal-usul kata komunikasi., yang merupakan akar dari kata-kata Latin lainnya yang mirip. Jadi komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan yang bertujuan untuk mencapai kesepahaman makna.

            Menurut William I. Gorden, komunikasi memiliki empat yaitu fungsi komunikasi social; komunikasi ekspresif; komunikasi ritual; komunikasi instrumental. Secara khusus kita akan membahas tentang “komunikasi instrumental”. Komunikasi instrumental adalah komunikasi yang berfungsi  untuk membujuk (persuasive); memberitahukan atau menerangkan (to inform) mengandung muatan persuasive dalam arti bahwa komunikator menginginkan para komunikan mempercayai bahwa fakta atau informasi yang disampaikan akurat atau layak untuk diketahui. Bahkan komunikasi secara tidak langsung dapat menghibur (to entertain).

Komunikasi dapat digunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan tetapi komunikasi juga dapat menghacurkan suatu hubungan. Dengan studi komunikasi, kita dapat berkomunikasi lebih baik sehingga kita mampu menjalin kerjasama dengan orang lain dengan baik untuk mencapai tujuan bersama. Komunikasi berfungsi sebagai instrumen membantu kita mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan. Dalam mencapai tujuan pekerjaan, kemampuan kita dalam berkomunikasi dapat membantu kita dalam pengolahan kesan (impression management), yakni taktik-takti verbal dan nonverbal; seperti berbicara sopan dan mengobral janji; mengenakan pakaian necis; dan sebagainya pada dasarnya untuk menunjukan kepada orang lain siapa diri kita seperti yang kita inginkan. Seorang professor bidang bisnis di Stanford University, Thomas Harrell  mengatakan bahwa factor yang paling sering membuat seseorang sukses adalah kesukaan berbicara. Harrell pun mengemukakan bahwa nyatanya para pemimpin besar adalah komunikator besar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Schein atas sejumlah lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT), membuktikan bahwa komunikasi efektif merupakan salah satu keahlian penting, bahkan merupakan yang terpenting untuk mencapai keberhasilan dan kebahagian hidup. Berdasarkan hasil risetnya, Schein menekankan bahwa kemampuan meningkatkan maamfaat antar pribadi merupakan suatu keahlian istimewa, tidak hanya bagi pengembangan diri dan keluarga, namun juga bagi peningkatan karier.

Jadi belajarlah untuk meningkatkan kemampuan kita berkomunikasi. Karena kemampuan itu mampu membantu kita untuk mencapai tujuan keberhasilan dan kebahagian hidup, termasuk membantu kita untuk mencapai kesuksesan pekerjaan atau karier kita.

Sumber:

Mulyana, Deddy.2000.Ilmu Komunikasi-Suatu Pengantar.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s