KOMUNIKASI EFEKTIF DAPAT MEMBANGUN ASPIRASI DAN MENCIPTAKAN ORGANISASI

Nama : Febri Pandansari

NIM : 36 2012 092

 

KOMUNIKASI EFEKTIF DAPAT MEMBANGUN ASPIRASI DAN MENCIPTAKAN ORGANISASI

 

 

 

Komunikasi mempunyai banyak fungsi dan bagaimana pengembangan dari diri kita sendiri. Dalam berkomunikasi tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik , atau berkomunikasi secara efektif. Dalam berkomnikasi kita melihat, dengan siapa kita berbicara , apa yang dibicarakan dan siapa yang berbicara. Komunikasi tidak hanya lewat perbincangan tetapi banyak hal yang kita bisa menyampaikan suatu informasi dengan berbagai cara , seperti bahasa tubuh, bahasa, teks, dan banyak cara menyampaikan suatu informasi. Pentingnya komunikasi adalah kita dapat saling berinteraksi dengan sesama sehingga menciptakan komunikasi yang efektif antara komunikan dan komunikator. Dengan berkomunikasi kita dapat menyampaikan pesan , ide atau gagassan, dan menggunakan kata- kata yang dimengerti oleh kedua pihak. Contohnya saja apabila kita berbicara dengan seseorang yang tidak mengerti bahasa kita ,kita tidak akan mengerti apa yang dibicarakan dan tidak akan terciptanya komunikasi yang efektif.kita dapat mengerti apa yang kita tidak ketahui, berinteraksi dengan sesama , menciptakan suatu inspirasi baru , mengubah pemikiran yang salah, menciptakan sebuah organisasi yang dibangun karena adanya suatu aspirasi dari beberapa orang, ini dapat dikatakan komunikasi yang efektif dengan menciptakan suatu organisasi .

 

Banyak cara berkomunikasi dengan sesama kita , dengan mencapai suatu komunikasi efektif, adalah cara pertama kita mengumpulkan teman – teman dan mebuat suatu komunitas yang nyaman sehingga dapat mengerti dan saling bertukar aspirasi yang membangun . Dengan adanya komunikasi yang nyaman kita dapat menciptakan berbagai aspirasi. Komunikasi bukan sekedar apa yang kita katakan tetapi pada karakter kita bagaimana kita membangun integritas yang kuat.

 

Kita hendaknya mempunyai keberanian untuk mengekspresikan keinginan dan aspirasi dari diri masing-masing, sehingga suatu komunitas dapat menciptakan berbagai organisasi yang bersifat membangun. Selain kita menciptakas aspirasi kita juga harus mengumpulkan bergbagai informasi yang ada , apa yang terjadi di sekeliling kita , kita melihat keadaan yang ada di sekeliling kita.

 

Komunikator biasa menanamkan kebiasaan menghormati perbedaan pendapat dengan mendorong berbagai ragam argumen dan pendapat. Dalam suatu komunikasi sangat di perlukan kita mneghargai berbagai macam pendapat – pendapat yang ada

 

 

 

Aspirasi dari banyak orang dapat kita tampung dan kita memilah, setiap orang mempunyai kekreatifan masing-masing. Banyak organisasi -organisasi yang dapat kita ciptakan dengan banyak nya aspirasi. Organisasi kemahasiswaan contohnya, dari banyak orang yang terpilih dalam menciptakan organisasi kemahasiswaan yang dibangun untuk menciptakan keakraban, seperti makrabyang diadakan oleh kakak kelas angkatan dengan bertujuan menyalurkan kebersamaan dan keakraban adik kelas, contohnya saja organisasi yang di bangununtuk tujuan yang positif, dan ada berbagai macam organisasi yang dapat kita ciptakan dengan adanya berbagai aspirasi kekreatifan masing – masing orang. Ini dapat kita katakan komunikasi yang baik dengan menciptakan sesuatu kegiatan yang positif karena adanya komunikasi yang efektif dan membangun dari berbagai masukan dan perbedaan yang ada, kita dapat menjadikan satu dan menciptakan semuanya menjadi organisasi yang positif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

 

 

Pada tanggal 18 November 2012 pukul 11.00

 

 

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s