Komunikasi dalam sepak bola

YOSUA DENNI PRADIPTA / 362012033

Gambar

Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting apalagi dalam olahraga sepak bola. Karena di dalam komunikasi tersebut mempunyai informasi-informasi yang harus disampaikan dari satu pemain ke pemain lain secara runtut, benar dan jelas. Jika ada kesalahan pada saat penyampaian tersebut, maka proses komunikasi terganggu, akihirnya akan terjadi kesalahpahaman dan kesalahpahaman tersebut dapat berakhir menjadi sebuah masalah bagi salah satu tim.

Dengan komunikasi, sebuah tim melakukan penyampaian pesan yang kita harapkan bisa dilakukan oleh teman satu tim kita, agar terjadi kerjasama yang baik dalam tim tersebut Jika di dalam sebuah tim tidak ada komunikasi yang baik maka akan kerap terjadi miss komunkasi, contohnya terjadinya goal yang dikarnakan kurangnya kerjasama antara pemain belakang dan penjaga gawang atau salah umpan antara pemain tengah dengan pemain depan.

Salah satu contoh komunikasi dalam sepak bola adalah, seorang penjaga gawang yang berteriak kepada pemain belakang untuk menjaga daerah pertahanan.  “Tapi bukan masalah bagi saya untuk berteriak pada pemain belakang untuk menjaga lini pertahanan walaupun mereka lebih berpengalaman. Tugas saya untuk mengatur mereka dan mereka harus mendengarkan saya. Saya sangat nyaman melakukannya,” ini adalah sebuah ucapan yang disampaikan kiper arsenal Wojciech Szczesny.

http://www.bola.net/inggris/szczesny-mertesacker-bagus-untuk-jangka-panjang-arsenal-967306.html

Gambar

Tanpa berkomunikasi, sebuah tim sepakbola sulit untuk  memenangkan sebuah pertandingan, tidak mungkin sebuah tim sepakbola akan bermain dengan keinginan pemain mereka sendiri-sendiri mereka butuh kerjasama yang bagus dan solid, maka dari itu untuk mewujudkan kerjasama yang baik mereka harus berkomunikasi satu sama lain. Initnya komunikasi sangat penting dalam sepak bola karena olahraga ini membutuhkan kerjasama yang bagus untuk memenangkan sebuah pertandingan. Sama seperti pendapat Thomas M. Scheidel “ kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, untuk membangun kontak sosial dengan orang di sekitar, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir atau berperilaku seperti yang kita inginkan.”

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s