KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

NAMA : BAYU SAPUTRO

NIM : 362012054

KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan. Pesan adalah suatu komponen dalam proses komunikasi berupa paduan dari pikiran dan perasaan seseorang dengan menggunakan lambang bahasa/lambang-lambang lainnya yang disampaikan pada orang lain. Dengan berkomunikasi manusia tidak hanya mengenal diri sendirinya melainkan juga mengenal orang lain, dan dengan berkomunikasi juga kita dapat mengenal dunia luar serta menciptakan atau memelihara suatu hubungan dengan orang lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, dengan pengertian manusia sebagai makhluk sosial yang artinya manusia tidak dapat hidup sendiri dan manusia masih membutuhkan orang lain. Cara manusia untuk bersosialisasi adalah dengan cara interaksi. Interaksi adalah cara yang tepat dilakukan untuk bersosialisasi. Dan interaksi adalah bagian dari komunikasi. Mengapa manusia hidup perlu berkomunikasi? Sebagai makhluk sosial manusia memiliki hasrat untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan tidak mungkin atau menjadi hal yang mustahil rasanya apabila manusia itu tidak mempunyai hasrat untuk berkomunikasi dengan orang lain, karena apabila itu terjadi manusia akan merasa terkucilkan dan terisolasi dari masyarakatnya. Melalui komunikasi manusia dapat mengetahui peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan hidupnya serta menghadapi segala ancaman yang akan menimpa alam sekitarnya. Bahkan dengan komunikasi manusia dapat mengembangkan pengetahuannya dengan cara belajar dari pengalaman ataupun informasi yang didapat dari lingkungannya.

Pentingnya komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat, supaya setiap orang selalu menjalin hubungan baik antar sesama masyarakat, karena melalui komunikasi kita dapat mengenal sikap, sifat, watak maupun perasaan antara individu dan suatu kelompok masyarakat. Selain itu  komunikasi dalam masyarakat penting dilakukan karena untuk menjalin keserasian dan lebih pentingnya lagi adalah untuk menghindari konflik-konflik yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Sebaliknya yang menyebabkan terjadinya konflik manusia dalam kehidupan bermasyarakat yaitu karena terjadinya miss communication. Hal ini terjadi karena karena mereka kurang berinteraksi, sehingga akan menyebabkan suatu kesalahpahaman, dan terjadilah hubungan yang tidak baik antara kedua belah pihak.

Manfaat yang dapat kita ambil dari komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah banyak, karena dengan adanya komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat manusia manusia dapat memberi atau menerima informasi – informasi baru bahkan dengan adanya komunikasi manusia dapat menciptakan suatu hal – hal yang baru.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s