Keistimewaan Berkomunikasi Menggunakan Twitter

Nama : Mega Alma Narwasty

NIM : 362012088

Pertama, perlu kita ketahui apa arti dari berkomunikasi itu sendiri. Menurut sumber yang saya baca dari buku berjudul “Ilmu komunikasi suatu pengantar” yang ditulis oleh Prof. Deddy Mulyana M.A., Ph. D, komunikasi merupakan proses yang kita lakukan untuk menyatakan identitas diri, untuk membangun kontak sosial dengan orang yang ada di sekitar kita, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, atau berperilaku seperti yang kita inginkan.

Adapun definisi lainnya, komunikasi merupakan proses yang dilakukan oleh komunikator dan komunikan, dimana dalam proses komunikasi itu komunikator sebagai pemberi pesan, menyampaikan pesannya yang berisi maksud atau tujuan tersendiri dari si komunikator tersebut untuk komunikan atau penerima pesan. Proses tersebut sudah dapat dikatakan komunikasi apabila komunikan dapat mengerti isi pesan yang disampaikan tersebut.

Dari pengantar di atas, kita sebenarnya sudah bisa menangkap alasan mengapa berkomunikasi itu merupakan hal yang penting dalam hidup kita. Salah satu contoh berkomunikasi yang saya jadikan contoh ialah komunikasi via twitter, yang sudah pasti kebanyakan dari kita menggunakannya. Seperti yang kita ketahui pada zaman sekarang ini sangat gampang bagi kita untu melakukan komunikasi. Dengan teknologi yang ada, kita sangat dibantu untuk dapat berkomunikasi, bahkan dengan orang yang jauh sekalipun. Begitu pula yang saya rasakan ketika menggunakan twitter. Hanya dengan sekali buka, kita sudah bisa mengakses berbagai macam informasi. Secara otomatis, orang-orang yang menggunakan twitter lebih banyak mengetahui apa saja yang terjadi di luar sana dibandingkan dengan orang-orang yang menganggap komunikasi lewat twitter itu tidak penting ataupun tidak efisien. Dengan twitter, kita  juga bisa mengakses berita-berita terbaru di negara kita maupun di luar dari negara kita. Misalnya akun @detikcom, kita tinggal membuka profilnya, dan kita sudah bisa membaca twit-twit berita yang tidak sempat kita nonton di tv kita. Dan masih banyak akun-akun lainnya lagi yang juga bermanfaat, untuk kesehatan dan kecantikan, untuk fashion-fashion terbaru jika anda suka shopping, bahkan ada juga akun yg khusus membahas hobi. Kita tinggal memfollow akun tersebut, kita langsung bisa mendapatkan info-info yang kita perlukan.

Kita juga dapat berkomunikasi dengan teman-teman lama kita di twitter, teman SMP, bahkan teman SD, mekipun kita tidak dapat bertemu langsung dengan mereka, kita masih bisa saling menanyakan kabar masing-masing via twitter. Dapat kita lihat disini, pentingnya kita berkomunikasi yaitu bukan hanya untuk saling menyampaikan pesan satu sama lain saja tetapi juga agar pikiran dan wawasan kita lebih terbuka dalam dunia globalisasi ini. Dengan kita melakukan banyak proses komunikasi, kita menjadi lebih intelektual, sehingga apa yang kita kerjakan juga menjadi lebih baik. Inilah beberapa manfaat jika kita mau berkomunikasi melalui twitter. Seperti salah satu tujuan dan fungsi utama komunikasi, yakni membangun kontak sosial dengan orang-orang yang ada di sekitar kita, dapat kita lakukan dengan cara yang mudah, yaitu melalui twitter.

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s