Karena sejak kita hadir di bumi ini, kita sudah berkomunikasi.

Tes Tengah Semester PIK

Nama   : St. Rio eka krisnanda putra

Nim     : 362011604

 Tema   : Why communication matter?

Judul   : Karena sejak kita hadir di bumi ini, kita sudah berkomunikasi.

Pada artikel kali ini saya ingin mengungkap lebih dalam mengapa komunikasi penting, kita sebagai manusia hidup di bumi ini menjadi satu dengan sesama kita manusia dan juga dengan lingkungan kita maka dari itu tidak mungkin jika kita hanya diam saja dan kita pasti perlu berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama dan juga lingkungan kita.

            Tanpa kita sadari, proses kita berkomunikasi dengan sesama kita manusia telah terjadi semenjak kita lahir di bumi ini, bayi normal yang baru saja lahir pasti akan menangis dan jika tidak menangis pasti sang dokter akan menepuk-nepuk bayi itu supaya menerima rangsangan dan mulai menangis. Contoh lain adalah ketika bayi tersebut lapar , maka bayi tersebut akan menangis untuk memberi isyarat bahwa dia butuh asupan makanan untuk dirinya.

            Dari beberapa contoh diatas saya ingin menegaskan bahwa komunikasi itu sendiri penting karena sebelum kita mengenal cara untuk berkomunikasi-pun kita sudah melakukan komunikasi walaupun tidak secara sadar. komunikasi penting karena kita Butuh untuk melakukan komunikasi, karena kita hidup berdampingan dengan manusia lain dan manusia-manusia lain itupun butuh untuk berkomunikasi antar sesama manusia . Dalam tumbuh kembangnya, manusia belajar untuk memahami isyarat-isyarat yang ada disekitar mereka dan dalam ilmu sosiologi diajarkan bahwa tempat pertama manusia belajar berinteraksi adalah didalam keluarga, pada waktu kecil kita diajarkan norma-norma dan bahasa yang kita pakai dalam kehidupam sehari-hari, semua itu tidak lain dan tidak bukan adalah agar kita bisa eksis dikehidupan kita dalam bermasyarakat/bersosialisasi. Bayangkan jika kita hidup didunia ini tanpa berinteraksi dengan orang lain, pasti kita tidak akan pernah tau apa yang orang lain inginkan kepada kita.

Pada akhirnya pertanyaan ‘Why communication matter?’, bisa sedikit lebih terjelaskan karena komunikasi itu sendiri telah menjadi kebutuhan pokok untuk mansusia dan manusia butuh berkomunikasi untuk dapat tetap eksis dibumi ini bersama dengan manusia-manusia lainnya. Dari sejak manusia lahir manusia dituntut untuk dapat berkomunikasi karena mau tidak mau itulah syarat agar dia tetap bisa dimengerti dan mengerti sesamanya manusia dan juga mengerti lingkungan sekitarnya. Tetapi kendala dalam berkomunikasi tersebut bukannya tidak ada melainkan ada, karena manusia tercipta dengan berbagai suku dan bahasa yang berbeda dan dalam ilmu semiotika yang sedang saya pelajari bahwa manusia hidup dalam tanda. Semua yang ada adalah dalam tanda, salah satu contoh yang nyata adalah bahasa , bahasa yang kita sepakati dalam suatu kelompok dan kelompok lain adalah berbeda. Maka timbulah masalah-masalah dalam berkomunikasi.

Sekian yang bisa saya ungkapkan mengenai “Karena sejak kita hadir di bumi ini, kita sudah berkomunikasi.”, atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s