DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP WANITA DAN ANAK

Oleh : Steffani. L_362010604

Pada dasarnya teknologi dibuat untuk membantu keberlangsungan hidup manusia, seperti teknologi telefon atau pun telefon genggam membantu manusia untuk berkomunikasi secara intens dengan orang lain yang berada dikota bahkan negara lain. Menurut Leiss (1990), teknologi berfungsi untuk menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru bagi aktifitas manusia dan dalam berhubungan dengan dampak sosial, teknologi adalah netral yaitu buah dari kemajuan teknologi yang dapat digunakan untuk kebaikan atau kejahatan, tergantung pada tujuan yang mana teknologi tersebut ditempatkan. Dan teknologi komunikasi adalah semua perkembangan teknik yang mengubah, memanjukan, mempercepat, dan mempercanggih proses kerja komunikasi (Liliweri, 2002). Sehingga perkembangan teknologi komunikasi sangat begitu cepat perubahannya, baik secara mesinnya maupun fitur-fitur dari teknologi itu sendiri, membuat masyarakat harus cepat dalam mengetahui perubahannya dan tidak jarang mengikuti perubahannya yaitu dengan menggunakan teknologi tersebut.
Namun perkembangan teknologi komunikasi tidak selalu memberikan dampak positif terhadap penggunannya, juga sebaliknya tidak selalu memberikan dampak negatif, teknologi komunikasi akan selalu memiliki dampak positif dan negatif terhadap penggunanya.
Dalam paper ini, penulis akan menuliskan tentang dampak perkembangan teknologi komunikasi terhadap wanita, anak atau remaja. Karena pada umumnya teknologi komunikasi selalu lebih dekat dengan kaum pria, dimana hampir sebagian besar kaum pria pasti akan mengikuti perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Sehingga penulis ingin menuliskan tentang dampak perkembangan teknologi komunikasi terhadap kaum wanita, anak atau remaja.
Memang benar bahwa teknologi komunikasi tidak selalu memberikan dampak negatif maupun dampak positif terhadap penggunanya. Banyak yang terjadi sekarang ini, kaum wanita juga mulai melek dengan teknologi komunikasi yang ada, seperti memiliki interaksi dalam dunia maya (facebook, twitter, dan media sosial lainnya), bisa mengoperasikan komputer untuk bisnis, bisa berselancar di internet untuk mengetahui cara memasak makanan atau resep kue, menambah wawasan pengetahuan, dan masih banyak kegiatan positif lainnya. Akan tetapi ada juga kegiatan negatif lainnya yang terjadi, yaitu sibuk dengan kegiatan di dunia maya sering membuat wanita juga lupa waktu dan tidak melakukan kegiatan yang menjadi pekerjaannya. Bahkan pernah terjadi seorang ibu membunuh anaknya, hanya karena merasa terganggu pada saat sedang melakukan interaksi di media sosial facebook.
Hal yang berbeda juga terjadi terhadap anak-anak yang dari kecil sudah kenal dekat dengan teknologi komunikasi, cenderung memiliki tingkat kemampuan otak yang lebih dibanding dengan anak-anak pada umumnya yang tidak begitu sering berinteraksi dengan teknologi komunikasi. Yaitu bisa mengoperasikan alat komunikasi (telefon genggam, komputer tablet, laptop), juga memiliki kemampuan berbahasa asing. Namun sayangnya, penggunaan alat komunikasi yang berlebihan terhadap anak-anak juga membuat sang anak kurang memiliki interaksi sosial dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga membuat sang anak kekurangan teman sepermainan. Selain itu juga membuat sang anak memiliki perilaku terlalu aktif karena mencontoh dari permainan maupun tayangan yang dimainkan dan dilihat. Mengenalkan teknologi komunikasi terhadap anak, merupakan hal yang baik agar sang anak bisa mengetahui fungsi dari teknologi tersebut dan juga memberikan dasar pengetahuan untuk kebutuhan pendidikan sang anak.
Perkembangan teknologi komunikasi yang ada sangat membantu keberlangsungan hidup manusia, seperti dampak perkembangan teknologi komunikasi terhadap wanita, yaitu memberikan kemudahan terhadap wanita menambah wawasan, mencari resep makanan atau resep kue, juga membantu wanita lebih melek terhadap teknologi itu sendiri. Selain itu dampak terhadap anak juga, membantu sang anak dalam pembelajaran dan lebih mengenali fungsi dari teknologi komunikasi tersebut. Namun penggunaan dari teknologi komunikasi yang berlebihan juga akan mengakibatkan efek yang negatif terhadap perilaku sehari-hari dari penggunanya. Sehingga disarankan untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi komunikasi yang ada, dengan porsi yang tepat agar dampak positif dari teknologi komunikasi tersebut bisa dirasakan dan tidak menyalahkan teknologi karena hal-hal negatif yang terjadi menimpah sang pengguna.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s