BERKOMUNIKASI DENGAN MEDIA DIGITAL

Nama : BASTEN ALBERCO PAH 

NIM    : 362012056  

BERKOMUNIKASI DENGAN MEDIA DIGITAL  

 

Gambar

Pengertian Komunikasi

Kata atau istilah komunikasi dari bahasa Inggris yaitu communication, secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna berbagi atau menjadi milik bersama yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia.

Komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.

Definisi komunikasi adalah penjabaran tentang arti istilah komunikasi berdasarkan pencetusnya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide,gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? Dengan saluran apa? Kepada siapa? Dengan akibat atau hasil apa?
Komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu,yaitu:

  1. Komunikator (siapa yang mengatakan?)
  2. Pesan (mengatakan apa?)
  3. Media (melalui saluran/ channel/media apa?)
  4. Komunikan (kepada siapa?)
  5. Efek (dengan dampak/efek apa?).

Proses komunikasi

 Secara ringkas, proses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan seperti

berikut.

1. Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti

kedua pihak.

2. Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail, atau media lainnya. Media (channel) alat yang menjadi penyampai pesan dari komunikator ke

komunikan.

1. Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.

2. Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.

Argumen Komunikasi


            Sebagai makluk sosial kita hidup di dunia ini selalu berhubungan dan otomatis pasti kita harus melakukan komunikasi dengan orang lain. memberikan komunikasi atau sosialisasi secara menyeluruh kepada personal yang memiliki hubungan atau merasakan dampak dari setiap kebijakan yang kita ambil.  Setiap orang pernah mengalami kesulitan berkomunikasi ketika berada dalam jarak yang sangat jauh, bahkan ketika saya masih kecil, masih sempat muncul sebuah metode komunikasi yang sangat menggelikan kalau diingat, Ketika bapak saya sedang pergi penataran selama 3 hari, ibu saya mengajarkan agar saya mengaduk air didalam gentong dan mengatakan “bapak pulang”.

Bayangkan jika kejadian seperti ini terjadi di jaman digital seperti saat ini, dengan semakin berkembangnya layanan dari para penyedia layanan komunikasi telah membuat jarak menjadi tidak terasa, perkembangan videocall atau video confrence membuat kita mampu berdiskusi dengan orang lain dalam sebuah jarak yang sangat jauh.

Tekhnologi diciptakan untuk memudahkan manusia, jika manusia bisa memanfaatkan semua lini komunikasi maka sebenarnya dia sedang membuka diri terhadap dunia, membuka wawasan dan membuka pikiran untuk menerima informasi. Betapa dahsyatnya fungsi informasi sehingga ada ilmu yang mempelajari teknologi informasi. Informasi bisa diubah menjadi beberapa bentuk, bentuk informasi ini disesuaikan dengan jarak dan audience. Jika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain dibelahan dunia yang berbeda maka penggunaan alat komunikasi digital mutlak diperlukan.

Penggunaan email dan blog sebagai salah satu alternatif menyampaikan pesan dari satu individu ke individu yang lain. Email menjadi sebuah alat komunikasi yang efektif sehingga kita bisa menyampaikan beberapa informasi yang ingin kita sampaikan ke audience yang lebih luas, sebagai bagian dari komunikasi publik maka komunikasi dengan media digital adalah sebuah solusi menghadapi persaingan global. Email bukan lagi sekedar surat menyurat elektronik tetapi bisa berkembang menjadi media pembelajaran yang efektif. E book mulai berkembang menjadi sebuah alat pembelajaran distance learning yang efektif.

Kesimpulan

Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan di anut secara sama. Kata lain yang mirip adalah komunitas (community) yang juga menekankan kebersamaan dan kesamaan. Komunitas berarti sekumpulan orang yang berkelompok atau hidup bersama untuk mencapai tujuan terntentu dan mereka berbagi makna dan sikap. Komunikasi merupakan seni tersendiri yang di jaman sekarang perlu kita kuasai dan biasakan dalam memperlakukan relasi kita, karena pada prinsipnya apa pun kebijakan kita selama masih dalam koridor yang bisa dimaklumi maka biasanya relasi tersebut bisa menerima atau minimal tidak menunjukkan tindakan resistensi yang tinggi. Untuk membiasakan komunikasi yang baik memang perlu pembiasaan dan belajar terus menerus dan yang penting jangan pernah meremehkan komunikasi, sehingga jangan sampai kita mengulang kesalahan dengan menerima kemarahan/cacian dari relasi yang sering berkata “…saya tidak mempersalahkan hal ini, tapi caranya dong kenapa tidak diKOMUNIKASIKAN atau diinformasikan terlebih dahulu…!”

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s