Siti Fatdhoriyah~362012040

“Pacaran,tanpa komunikasi?”

Pada dasarnya suatu hubungan itu menginginkan adanya komuniksi yang baik dan nyaman. Terjadinya komunikasi adalah akibat dari hubungan social masyarakat yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berhubungan satu sama lain yang akan menimbulkan interaksi social. Menurut SOERJONO SOEKANTO Interaksi sosial merupakan dasar proses sosial yang terjadi karena adanya hubungan-hubungan sosial yang dinamis mencakup hubungan antarindividu, antarkelompok, atau antara individu dan kelompok. Menurut lexicographer (ahli kamus bahasa), komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya. Kebanyakan dari orang mengetahui bahwa komunikasi hanya dari perkataan saja atau verbal. Tetapi masih banyak cara berkomunikasi untuk memperlancar hubungan kita,misalnya dg bahasa tubuh dan tulisan.

 Komunikasi Interpersonal  adalah interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan non verbal. Saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau 
antar individu di dalam kelompok kecil (Febrina). Contohnya dalam pacaran. Pacaran adalah menyatukan perbedaan antara dua insan manusia. Sebelum kita memutuskan untuk pacaran pasti kita udah berkomitmen dengan pasangan kita untuk selalu menghubungi pasangan kita masing-masing. Mungkin awal-awal pacaran setiap hari bahkan setiap waktu kita selalu sms,atau telepon pacar hanya sekedar menanyakan dia lagi apa,udah makan belum dan sebagainya. Dan setiap waktu pasti ada pertemuan diantara mereka. Bagaimana dengan pacaran jarak jauh? Bahasa kerennya LDR(Long Distance Relationship) gitu,pasti komunikasi adalah yang terpenting untuk mereka. Contoh kasus, aku menjalin LDR dengan pria bandung,dia seorang pekerja yang setiap senin sampai jumat hari-harinya dipenuhi  dengan kerja dan kerja,sampai melupakan kalo dia punya kekasih. Untuk hari-hari kerjanya aku bisa maklumi kalo dia tidak sempat hubungi aku,tapi saat weekendpun dia gga hubungi aku,sekedar sms nanyain “lagi apa?” aja gga pernah. dari contoh kasus seperti itu akan banyak menimbulkan persepsi-persepsi negatif tentang pasangan,bener kan? Dia kerjanya lembur sampai weekendpun berangkat,atau dia sibuk maen sama temennya,atau jangan-jangan dia punya wanita lain disana? Berfikiran buruk tentang seseorang itu emang gga baik,apalagi belum ada bukti yang membenarkan persepsi kita.

Lalu bagaimana kita mengatasi pikiran-pikiran negative ke pasangan kita? Mungkin bagi seorang pria,hal-hal kecil itu gga jadi masalah buat mereka,sampai-sampai lupa kalo mereka memiliki kekasih. Mengapa seperti itu? Karena pria lebih menggunakan logika mereka untuk masalah kecil maupun masalah besar yang dating menimpa meraka.  Laen halnya dengan wanita,wanita cenderung menggunakan perasaan mereka. Tapi dari masalah-masalah yang kecil itu dapat menimbulkan miscommunication yang dapat membuat hubungan mereka renggang bahkan bisa putus,nahlo gga mau kan? Nah  ini adalah 8 hal penting dalam sebuah hubungan: 

  1. 1.      Jangan pernah menganggap hubungan jarak jauh adalah hal yang mudah
  2. 2.      Jika orang tua pasanganmu nggak menyukaimu, ada kemungkinan kamu harus mengakhiri hubunganmu dengannya.
  3. 3.      Komunikasi adalah faktor penting dalam sebuah hubungan
  4. Selesaikan masalah secara baik-baik
  5. Hormati pasangan dan dirimu sendiri
  6. Komitmen dengan hubunganmu
  7. Percaya terhadap pasanganmu
  8. Berikan ruang untuk pasanganmu.

Jadi komunikasi dalam suatu hubungan itu sangat penting,agar terjalin hubungan yang erat  dan dengan komunikasi tersebut dapat menyamakan persepsi dengan orang yang kita ajak bicara. Dan dengan komunikasi akan menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran,dengan begitu tidak akan ada miscommunication.

Daftar pustaka

http://dittanisa.blogspot.com/2012/07/pengertian-komunikasi-antar-pribadi_3215.html

http://www.lovevirtue.com/in/Cinta-Hubungan/tips-cinta-8-hal-penting-dalam-sebuah-hubungan.html

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s