Pentingnya Komunikasi

Rani Setyaningrum / 362012047

 

Kisah Pak Kades memberikan sebuah hp ke Ketua RT untuk memudahkan komunikasi.

Suatu saat Pak Kades call Pak RT Tole, sambil lari terengah2 Tole nongol di muka Pak Kades, “Tole, kenapa saya telpon tidak diangkat, malah kamu datang ke sini?”
Tole: “Iya pak karena waktu hp bunyi saya lihat tertulis PAK KADES MEMANGGIL, makanya itu saya langsung datang, coba kalau tertulis PAK KADES MENELPON pasti saya ngomong di hpnya, Pak”

 

Dari kisah di atas, Pak Kades memberikan sebuah handphone kepada Pak RT untuk mempermudah komunikasi artinya komunikasi itu mutlak terjadi dalam hidup manusia. Namun seringkali komunikasi juga bisa menjadi salah atau biasa sering kita dengar dengan sebutan misscommunication.

Tetapi disini saya akan membahas mengenai pentingnya komunikasi. Sebenarnya apakah komunikasi itu? Kata komunikasi sendiri sudah sering kita dengar bahkan kita lakukan setiap saat. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau gagasan yang bertujuan untuk mencapai kesepahaman atau kesepakatan. Komunikasi sendiri tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat manusia. Karena dengan adanya komunikasi, manusia dapat saling berinterkasi. Kita tahu bahwa manusia saling membutuhkan satu dengan yang lain. Melalui komunikasilah manusia dapat menyampaikan maksud dan tujuannya kepada orang lain sehingga kebutuhannya menjadi terpenuhi. Menurut Harold D. Lasswell, fungsi komunikasi antara lain manusia dapat mengontrol lingkungannya, beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka berada, serta melakukan transformasi warisan sosial kepada generasi berikutnya.

Manusia dapat mengontrol lingkungannya, yang dimaksud ialah dengan berkomunikasi manusia dapat mengetahui peluang-peluang yang ada untuk dimanfaatkan, dipelihara dan menghindar pada hal-hal yang mengancam lingkungan sekitarnya. Dengan adanya komunikasi pula manusia dapat memperluas wawasannya, yaitu dengan belajar dari pengalaman-pengalaman yang ia terima dari lingkungan disekitarnya.

Yang dimaksud dengan manusia dapat beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya adalah dimana manusia mampu menyesuaikan dirinya terhadap situasi atau peristiwa yang dihadapi dan komunikasi pun akan terjadi untuk mencapai keharmonisan antar individu tersebut. Karena dalam beradaptasi, manusia membutuhkan orang lain untuk tetap dapat bertahan, karena ia membutuhkan dukungan dan motivasi sehingga manusia tersebut dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan disekitarnya.

Melakukan transformasi warisan sosial kepada generasi berikutnya. Manusia dapat bertukar pikiran, nilai dan peranan untuk mempertahankan keadaannya. Misalnya, cara bagaimana orangtua mendidik anak-anaknya untuk menjadi seorang yang baik.

Adapun yang berpendapat bahwa kemampuan seseorang berkomunikasi menentukan keberhasilan dan kegagalan sesorang dalam mencapai sesuatu yang diinginkan.

Dengan demikian, komunikasi itu sangat penting bagi hidup manusia dan tidak dapat terpisahkan dalam hidup manusia. Namun tetap perlu memperhatikan cara komunikasi yang baik agar tercipta hubungan yang baik pula dengan orang yang kita ajak berkomunikasi. Selamat berkomunikasi!

 

Sumber :

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Revisi). Jakarta : Rajawali Pers. 2011.
http://www.kitikkitik.com/tag/komunikasi/#ixzz2CSjucvIN

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s