Mengapa iklan itu di buat ?

Definisi atau pengertian iklan menurut KBBI adalah “berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khayalak ramai agar tertarik oada barang dan jasa yang ditawrkan
 dari definisi diatas , terdapat beberapa komponen utama dalam sebuah iklan yakni “mendorong dan membujuk”. Dengan kata lain, sebuah iklan harus memilik sifar persuasi.

Dengan kataain, sebuah iklan harus memiliki sifat persuasi. Komponen lain dari sebuah iklan adalah adanya barang atau jasa yang ditawarkan. Di era sekarang ini,pengertian iklan menjadi diperluas lagi bukan hanya barang dan jasa yang ditawarkan, namun juga kondisi tertentu. Kita mengenal adanya istilah iklan layanan masyarakat”. Dalam sebuah iklan layanan masyarakat, isi iklan tidak membujuk seseorang untuk membeli barang atau jasa tertentu. Iklan layanan masyarakat menawarkan suatu kondisi ideal atau sebuah kondisi yang lebih baik dalam sebuah masyarakat

Dan dari semua penjelasan tentang iklan ini memiliki tujuan komunikasi yang memiliki tujuan sentral kegiatan komunikasi  terdiri atas :

  • To secure understanding,
  • To establish acceptance
  • To motivate action

Pertama adalah to secure understanding, memastikan bahwa komunikan mengerti pesan yang di terima. Andaikata ia sudah dapat mengerti dan menerima, maka penemrimaannya itu harus dibina (to establish acceptance). Pada akhirnya kegiatan memotivasikan (to motivate action) itu yang di jelaskan oleh R. wayne pace, Brent D. Peterson, dan M. Dallas Burnett dalam bukunya, Techniues for Effective Communication.

Ada faktor yang penting pada diri komunikator bila ia melancarkan komunikasi, yaitu daya tarik sumber (source attractiveness) dan kredibilitas sumber (source credibility).

  1. Daya tarik sumber

Seorang komun ikator akan berhasil dalam komunikasi, akan mampu mengubah sikap,opini, dan perilaku komunikan mekanisme daya tarik jika pihak komunikan merasa bahwa komunikator ikut serta dengannya. Dengan lain perkataan, komunikan merasa ada kesamaan antara komunikator dengannya sehingga komunikan bersedia taat pada isi pesan yang dilancarkan oleh komunikator

  1. Kredibiltas sumber

Faktor kedua yang bisa mentebabkan komunikasi berhasil ialah kepercayaan komunikan pada komunikator. Kepercayaan ini banyak bersangkutan dengan profesi atau keahlian yang dimiliki seorang komunikator. Seorang dokter akan mendapat kepercayaan jikaia menerangkan soal kesehatan. Seorang perwira kepolisian akan memperoleh kepercayaan bila ia membahasa soal keamanan dan ketertiban masyarakat. Seorang duta besar akan mendapat kepercayaan kalau ia berbicara mengenai situasi internasional. Dan sebagainya.

Berdasarkan kedua faktor tersebut, seorang komunikator dalam menghadapi komunikan harus bersikap empatik(empathy), yaitu kemampuan seseorang untuk memproyeksikan dirinya kepada peranan orang lain. Dengan lain perkataan, dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Seorang komunikator harus bersikap empatik ketika ia berkommunikasi dengan komunikan dengan komunikan yang sedang sibuk,marah, bingung, sedih,sakit , kecewa dan sebagainya

Begitupun juga iklan yang di buat harus bisa menarik sang komunikan agar tertarik dengan apa yang di tawarkan dalam iklan, dengan semakinnya menariknya sebuah iklan semakin banyak pengguna  dari barang/jasa yang ditawarkan.

Jadi sebuah komunikasi itu sangat penting  apa lagi dalam kehidupan sehari-hari komunikasi di gunakan dmana-mana dalam kondisi apapun . tidak ada orang yang bisa berkomunikasi bahkan orang bisu pun bsa berkomunikasi. Apalagi dalam dunia usaha/berniaga karna bila tidak ada komunikasi mereka sulit mengembangkan kegiatannya jadi ketika tidak adanya komunikasi antar sesame.  Bayangkan saja bila seorang produsen tidak membuat sebuah iklan untuk mempromosikan  barang/jasa kepada orang lain. jadi iklan berguna untuk menginfomasikan sesuatu kepada orang lain 

Nicolaas Prasetyo – 362012061 – FISKOM

 

Daftar pustaka :

http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.referensi-pengetahuan/pengertian-iklan.html

Buku ILMU KOMUNIKASI : TEORI DAN PRAKTEK pengarang : Drs. onong Uchjama Effendy cetakan kelima

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s