Komunikasi untuk Kepentingan Kita

Chordia Putri Inawati / 362012070

            Komunikasi adalah kata-kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Setiap harinya kita berkomunikasi baik secara verbal ataupun nonverbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang disampaikan secara lisan, sedangkan komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang disampaikan secara tidak langsung bisa dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuh (body language) dll. Komunikasi sangat penting bagi kehidupan kita. Banyak sekali fungsi yang kita peroleh dari komunikasi.

            Salah satu dari fungsi komunikasi adalah pembentukan konsep diri. Konsep diri adalah pandangan mengenai siapa diri kita. Kita tidak bisa menilai diri kita sendiri hanya dengan melalui cermin. Maksudnya adalah kita menilai diri kita sendiri tidak dengan bantuan orang lain melainkan hanya diri kita sendiri. Tentunya kita juga membutuhkan penilainan dari orang lain untuk mengetahui sebetulnya bagaimana diri kita ini. Penilaian dari orang lain akan membantu kita memperbaiki diri kita. Misalnya saja kita dibilang oleh teman bahwa kita adalah orang yang tidak sabar. Dari situ kita akan sadar bahwa perilaku itu jika diteruskan tidak baik dan kita akan mulai belajar untuk membenahi perilaku kita.

            Komunikasi juga berfungsi untuk pernyataan eksistensi diri. Orang berkomunikasi memiliki tujun untuk menunjukkan dirinya eksis. Saat kita sedang berdiskusi dengan kelompok dan kita mengajukan pernyataan-pernyataan atau memberi sanggahan, disitu nampaklah eksistensi kita. Berbeda dengan orang yang hanya berdiam diri saja, orang-orang seolah akan menganggap bahwa dia tidak ada di situ. Komunikasi sangat dibutuhkan agar orang disekeliling kita menganggap bahwa kita ada dan kita juga sadar bahwa kita selalu membutuhkan bantuan orang disekeliling kita.

            Sebagai makhluk social kita tidak pernah lepas dari bantuan orang lain, kita akan selalu saling membutuhkan. Melalui komunikasi kita dapat menjalin hubungan. Misalnya kakak adik yang sudah memiliki keluarga sendiri-sendiri, kakak tinggal di Aceh dan adik tinggal di Semarang yang masih saling menanyakan kabar. Saat menanyakan kabar terjadilah komunikasi.  Komunikasi akan selalu dibutuhkan untuk menjalin hubungan. Kakak adik tadi masih sering menanyakan kabar walau jaraknya sangat jauh, mereka menanyakan kabar bisa dengan menggunakan alat komunikasi seperti handphone. Menjalin hubungan tentunya tidak hanya dengan saudara, dengan komunikasi kita dapat menjalin hubungan dengan teman, tetangga, dan rekan kerja.

            Komunikasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kita. Seringkali kita ingin didengarkan oleh orang lain dan juga sebaliknya. Kita sering mencurahkan isi hati kita kepada teman terdekat. Pada saat itu kita berbicara dan ingin dimengerti oleh pendengar. Pendengar yang baik juga akan mendengarkan dengan seksama, kemudian dia akan memberikan nasehat, motivasi, atau hanya menunjukkan gerakan tubuh seperti anggukan, menepuk punggung, dll. Setelah kita selesai mencurahkan hati dengan teman, kita akan merasa lega. Selain itu kita dapat berbincang dengan teman berjam-jam dengan topic yang berganti-ganti tanpa mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun di situ kita dapat merasa nyaman dan terhibur.

 

Sumber :

http://www.coremap.or.id/downloads/Mengapa_Kita_Berkomunikasi.pdf

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s