KOMUNIKASI SEBAGAI SENI BERGAUL

GRACIA CHRIS

362012026

 

KOMUNIKASI SEBAGAI SENI BERGAUL

 

Semua manusia mustahil hidup tanpa komunikasi tetapi tidak semua orang di lahirkan dengan bakat dan kemampuan yang lihai dalam berkomunikasi kebanyakan mereka tidak menyadari pentingnya berkomunikasi, mereka merasa tidak percaya diri, tidak berpikir positif canggung bahkan takut serta tidak memahami identitas dirinya sendiri.Padahal komunikasi merupakan suatu jembatan untuk membangun suatu hubungan, tidk bisa di bayangkan jika tidak ada komunikasi di dunia ini karena kebanyakan keberhasilan suatu karier dan hubungan sosial di pengaruhi dari komunikasi.

Banyak orang pintar, banyak orang tinggi pendidikannya bahkan hebat dalam berteori tapi susah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sebenarnya kemampuan orang dalam berkomunikasi itu tidak di dapat dari anugrah yang di berikan sang pencipta tapi bisa di pelajari dengan cara bergaul dengan orang lain.Kemampuan berkomunikasi yang efektif dalam pergaulan bisa melatih kita untuk mengontrol diri kita sendiri beradaptasi dengan lingkungan sekitar.Mulai bergaul dengan diri sendiri bukan berarti bersifat egois  dalam menyampaikan suatu pesan  melainkan mengontrol lingkungan dengan berkomunikasi dari diri sendiri, komunikasi internal dengan diri sendiri. Komunikasi internal dengan diri sendiri dapat membantu kita bersikap lebih positif dan membuang pikiran yang menjadi beban. Dengan berkomunikasi dengan diri sendiri kita lebih memilkii tujuan dalam hidup.

Bergaul dengan lingkungan keluarga bisa menjadi pembelajaran selanjutnya untuk berkomunikasi , di dalam keluarga kita bisa menemui karakter yang hampir sama satu dengan yang lain, persamaan karakter bisa membuat kita lebih mudah untuk bergaul tanpa perlu merasa takut bahkan tidak yakin akan apa yang di sampaikan.

Bergaul dengan orang lain bisa juga menjadi komunikasi yang baik dengan lingkungan sekitar, mulai dengan menunjukan kepedulian terhadap orang di sekitar kita, belajar untuk mengetahui dan berfikir kritis dalam berkomunikasi bisa menimbulkan relasi yang baik terhadap orang sekitar, jadikan komunikasi itu sebagai kegiatan yang menyenangkan .

Beban seseorang akan lebih berkurang jika ada orang yang mendukungnya, dan itu bisa di dapatkan dengan cara bergaul dengan orang lain. Dengan bergaul pertukaran informasi pengetahuan dan pengalaman akan terjadi ini penting untuk memperkaya wawasan. Pergaulan itu erat kaitannya dengan seni bagaimana menjalin hubungan serta berkomunikasi dengan orang lain

Semakin sering kita berinteraksi dengan orang lain dan semakin sering kita berupaya memahami orang lain, berarti semakin kita mendekati pemahaman terhadap diri sendiri.

 

Sumber: http://www.anneahira.com/pentingnya-komunikasi.htm

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s