Komunikasi, Kegiatan Pokok Manusia

Kristina Dewi Widyaningtyas – 362012028 (Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi)

 

Apa hal pertama yang kita pikirkan bila mendengar kata komunikasi??? Komunikasi merupakan hubungan yang terjadi antar manusia baik individu maupun kelompok. Disadari atau tidak, komunikasi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Sejak dilahirkan kita sebenarnya telah berkomunikasi dengan lingkungan, gerakan tubuh dan tangisan yang terjadi sesaat setelah kita dilahirkan adalah salah satu tanda bahwa kita berkomunikasi. Di dunia ini tak ada manusia yang tidak berkomunikasi.

Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut dengan communication, berasal dari kata Latin communicatio yang bersumber dari kata communis yang berarti sama. Yang dimaksud dengan sama di sini adalah sama makna.

Berikut ini terdapat beberapa Pengertian dan Definisi Komunikasi dari para ahli:

  • James A.F. Stoner, dalam bukunya yang berjudul : Manajemen menyebutkan bahwa komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan.
  • John R. Schemerhorn cs, dalam bukunya yang berjudul : Managing Organizational Behavior, menyatakan bahwa komunikasi itu dapat diartikan sebagai proses antar pribadi dalam mengirim dan menerima simbol-simbol yang berarti bagi kepentingan mereka.
  • Carl I. Hovland mengatakan bahwa komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain (communication is the process to modify the bahavior of other individuals).

Proses komunikasi pada hakikatnya adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang (komunikator atau pemberi pesan) kepada orang lain (komunikan atau penerima pesan). Pikiran tersebut dapat berupa gagasan, informasi, opini, dan lain sebagainya yang timbul dari benak seseorang.

Komunikasi dapat berjalan dengan baik (komunikatif) apabila terdapat persamaan makna antara kedua pihak (pihak pengirim dan penerima informasi) yang terlibat atau timbulnya saling pengertian yang menyebabkan kedua belah pihak dapat memahami informasi tersebut.

Kita sebagai mahluk sosial pasti melakukan kegiatan komunikasi dengan orang lain yang ada di sekitar kita. Selain itu manusia juga memiliki dorongan ingin tahu yang tinggi, ingin maju dan berkembang, maka komunikasi merupakan sarana yang digunakan oleh manusia. Oleh karena itu komunikasi merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia.

Kegiatan komunikasi dapat kita lakukan secara verbal, non-verbal, langsung dan tidak langsung. Tindakan komunikasi verbal terjadi jika saat kita berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata atau tulisan. Contohnya adalah ketika kita sedang berbicara kepada seseorang. Tindakan komunikasi non-verbal terjadi jika kita menggunakan bahasa tubuh, seperti kial (gesture). Contohya adalah ketika orang menggelengkan kepala ketika kita sedang bertanya kepadanya, hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa orang tersebut tidak mengerti atau tidak tahu mengenai topik yang kita tanyakan.

Tindakan komunikasi dinyatakan langsung apabila kita berkomunikasi tanpa menggunakan media. Contohnya : dua orang yang sedang bercakap-cakap, sekelompok orang terlibat dalam diskusi. Tindakan komunikasi dinyatakan tidak langsung apabila dilakukan dengan perantara media. Contohnya: seorang yang menanyakan kabar temannya dengan menggunakan media Facebook atau Twitter.

Dengan komunikasi manusia dapat menyampaikan informasi, opini, perasaan, ide dan sebaginya kepada orang lain atau sesamanya secara timbal balik sebagai penyampai atau penerima pesan. Melalui komunikasi yang kita lakukan, kita dapat menyampaikan suatu pengalaman yang pernah kita alami kepada orang lain sehingga pegalaman tersebut dapat menjadi milik orang lain tanpa ia harus mengalaminya sendiri. Melalui komunikasi kita juga mampu untuk mengutarakan perasaan yang sedang kita rasakan sehingga orang lain mampu mengetahui apa yang kita rasakan. Di jaman yang telah maju seperti sekarang, komunikasi dapat terjadi melalui berbagai media diantaranya melalui media elektronik seperti telephone, internet (email, social network, skype, dan lain sebaginya), media cetak (koran, majalah).

Jadi setiap orang pasti melakukan kegiatan komunikasi di dalam hidupnya, manusia sebagai mahluk sosial pasti membutuhkan orang lain untuk melengkapi hidupnya, sehingga ia pasti mempunyai keinginan untuk berhubungan dengan orang lain. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pasti melakukan kegiatan komunikasi. Komunikasi tidak hanya berupa percakapan dengan menggunakan bahasa sebagai sarananya saja, bahasa tubuh, kial (gesture), isyarat juga dapat dikategorikan sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi. Komunikasi adalah sarana yang pasti dan akan selalu digunakan manusia untuk dapat berinteraksi dengan sesama. Karena komuikasi adalah kegiatan pokok yang dilakukan manusia.

 

Daftar Pustaka

Effendy, Onong Uchjana.1990.Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek.Bandung:Remaja Rosdakarya

Widjaja, H.A.W.2008.Komunikasi : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat.Jakarta:Bumi Aksara

http://uripsantoso.wordpress.com/2010/02/14/komunikasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s