HUBUNGAN KOMUNIKASI DAN MUSIK

Rendy Irvananda / 362012077

 

Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau sebuah kelompok, dan masyarakat, menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.Komunikasi atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang berarti ‘sama’. Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common).

Di era globalisasi seperti ini komunikasi sangat berperan penting, karena komunikasi sangat dibutuhkan dalam sebuah hubungan antara individu-individu, kelompok, masyarakat besar. Untuk itu komunikasi dibagi menjadi beberapa model komunikasi yaitu, intrapersonal communication, interpersonal communication, public communication, mass communication.

Dalam sebuah kebudayaan terkandung sebuah makna yang ingin disampaikan kepada masyarakat, dimana sebuah kebudayaan pasti menggambarkan identitas/ciri dari sebuah tempat/pemilik kebudayaan tersebut. Disini peran komunikasi sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kelestarian dan untuk memperkenalkan sebuah kebudayaan tertentu ke ranah yang lebih luas. Banya kebudayaan yang tidak dikenal atau tidak di ketahui oleh masyarakat luas di karenakan kurangnya pengenalan atau komunikasi terhadap daerah luar, yang menyebabkan sebuah kebudayaan tidak dikenal. Hal ini banyak menyebabkan sebuah kebudayaan cepat hilang/punah yang tergerus oleh kebudayaan-kebudayaan baru yang lebih komunikatif dan mudah di pahami.

Komunikasi dan kebudayaan sangat berkaitan erat untuk mempertahankan dan untuk pengenalan sebuah budaya itu sendiri, kebanyakan dari sebuah kebudayaan menggunakan pengenalan/mengkomunikasikan budaya tersebut dengan cara public communication, disini pelaku-pelaku kebudayaan menggunakan publik sebagai tempat untuk memperkenalkan kebudayaan yang mereka miliki, karena dengan public communication akan berkontak langsung dengan masyarakat. Disini bukan hanya kebudayaan kesenian yang di perkenalkan, busana, rumah adat, dan lain-lain. Namun bukan hanya dengan cara komunikasi publik pengenalan-pengenalan kebudayaan dilakukan, masih ada beberapa cara yang digunakan untuk memperkenalkan sebuah kebudayaan agar dapat dikenal masyarakat. Bisa juga dengan cara peliputan sebuah kebudayaan dan diperkenalkan memalui media massa.

Jadi disini hubungan antara kebudayaan dan komunikasi sudah sangat jelas terlihat, didalam sebuah kebudayaan pun juga terkandung sebuah makna yang ingin disampaikan, dan komunikasi itu sendiri membantu mengenalkan kebudayaan itu ke ranah yang lebih luas untuk di kenal masyarakat luas.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s