Apakah Komunikasi Itu?

ADITYA HILMAWAN / 362012037

 

Menurut pendapat saya pribadi komunikasi itu hal terpenting yang dimiliki oleh manusia, kenapa?? Karena dalam berkomunikasi kita dapat bertukar pikiran dan informasi yang juga secara tidak langsung bertukar pengetahuan. Di samping itu, lewat komunikasi kita juga dapat mengerti apa yang sedang dirasakan orang lain. Sehingga kita dapat memposisikan diri kita secara tepat dan benar dalam  menghadapi situasi dengan lawan bicara kita.

Apabila tidak terjadi komunikasi antara manusia, maka tidak ada pula rasa pengertian antar sesama manusia itu sendiri. Hal ini dapat juga mengakibatkan rasa ketidak percayaan antar manusia sehingga kemungkinan besar akan terjadi konflik diantara manusia itu juga.

Tapi, dewasa ini kita sering menganggap komunikasi tidaklah begitu penting bagi diri kita sendiri. Tetapi sebenarnya komunikasi adalah kehidupan itu sendiri. Saya berpendapat seperti itu karena menurut saya apa gunanya hidup didunia, merasakan kenikmatan didunia, kepedihan didunia, tapi kita tidak menemukan kepada siapa kita membaginya. Itu semua akan terasa begitu hampa dan itu juga menurut para kalangan dokter jiwa atau psikiater kemungkinan besar akan menyebabkan manusia mudah mengalami gangguan kejiwaan seperti depresi, kurang percaya diri dan lain-lain. Misal kita ambil contoh kehidupan seorang anak yang kurang berkomunikasi dengan orang tuanya yang bisa disebabkan karena orang tua yang menghabiskan waktunya sebagian besar untuk bekerja atau orang tua yang tidak menganggap penting berkomunikasi dengan anak, dapat dipastikan bahwa anak itu akan mengalami depresi karena sebagian waktunya dihabiskan hanya dengan dirinya sendiri tanpa ada lawan berkomunikasi.

Dalam era globalisasi dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, cara berkomunikasi juga semakin banyak dan dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini tentu saja mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan apa yang ada di dalam diri kita seperti kepribadian, pengalaman, ilmu pengetahuan dan lain-lain. Disamping itu, perkembangan teknologi sekarang ini juga dapat membawa pengaruh buruk dalam dunia manusia, seperti kejahatan yang sudah banyak kita lihat. Contohnya saja kasus-kasus penculikan  yang dikarenakan oleh jejaring sosial. Maka komunikasi amatlah penting bagi kehidupan manusia yang harus kita ambil hikmahnya secara bijak, benar, dan tepat.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s