KOMUNIKASI DALAM DUNIA PERTELEVISIAN

 

Armelia SAC

36.2012.081

 

            Dalam pandangan dunia pertelevisian selalu memiliki pesan (message) atau makna di balik apa yang mereka tayangkan. Iklan dan tayangan mereka memiliki maksud dan tujuan untuk pemirsanya. Mereka (tim kreatif) memanfaatkan ilmu komunikasi yang mereka pelajari dengan tujuan untuk dimengerti dan dipahami oleh orang yang melihatnya. Sama seperti arti “Komunikasi” itu sendiri yang bertujuan sebagai proses menyampaikan pesan yang di lakukan komunikator kepada komuikan untuk menyampaikan pesan (message) tersebut. Dalam dunia pertevisian banyak sekali tayangan atau acara yang bertujuan untuk menyampaikan maksud atau tujuan tertentu. Tayangan atau acara di televisi sangat beragam. Jenis program televisi dapat dibedakan berdasarkan bentuk jadi (format) teknis atau berdasarkan isi. Bentuk jadi teknis merupakan bentuk jadi umum yang menjadi acuan terhadap bentuk program televisi seperti :

  1. Gelar wicara (talk show)
  2. Documenter
  3. Film
  4. Kuis
  5. Music
  6. Instruksional
  7. HIburan
  8. Drama
  9. Olahraga
  10. Agama

Banyak acara televisi yang di anugerahi penghargaan karena di anggap baik atau sukses menghibur pemirsa/penontonnya karna mereka sukses menyampaikan maksud dari tema acara tersebut. Penghargaan juga sebagai prestise mereka untuk mengambil perhatian pemirsa/penontonnya.

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s