“ Without Communication, Business is Dead”

Hansen Hogi Wijaya – 362012027

FISKOM UKSW – Progdi Ilmu Komunikasi

Komunikasi berasal dari kata “Common” yang arti nya “sama”. Dengan kata lain, berkomunikasi berarti kita berusaha untuk mencapai kesamaan makna. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan yang menghasilkan efek/tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik. Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia yang sebagai mahluk sosial tidak lepas dari yang namanya komunikasi. Begitu juga di dalam bisnis. Bisnis mati tanpa komunikasi. Komunikasi sangat penting dalam Bisnis untuk mempertahankan koordinasi dan jalan nya bisnis tersebut. Tanpa komunikasi yang efektif, bisnis bisa jadi terhambat atau terganggu.

Komunikasi mempunyai fungsi yang penting di dalam suatu bisnis, yaitu untuk membina hubungan dengan oranglain,penyebaran & pertukaran informasi,memberikan pemahaman akan sebuah persoalan, serta dapat merubah fikiran,sikap & perilaku oranglain. Di dalam dunia bisnis, ada dua bentuk komunikasi yang di gunakan :

1.Komunikasi Verbal

adalah bentuk komunikasi yang menggunakan pesan dan bahasa verbal(menggunakan kata-kata). Komunikasi Verbal bisa dilakukan dengan cara berbicara,menulis,mendengrakan dan membaca. Di dunia Bisnis, komunikasi verbal ini lah yang sering di pakai untuk berkomunikasi. Karena ide-ide,keputusan atau pemikiran, lebih mudah disampaikan secara Verbal daripada Non Verbal. Dengan harapan komunikan bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan oleh komunikator.Biasa nya sering di pakai oleh sebuah Rapat Gubernur, Rapat perusahaan besar, dan sebagainya.

2.Komunikasi Non Verbal

adalah bentuk komunikasi melalui perilaku fisik. Perilaku fisik itu contohnya ekspresi wajah, nada suara, gerakan anggota tubuh, kontak mata, gerakan ekspresif dan tindakan lain yang tidak menggunakan kata-kata. Lewat komunikasi non verbal, kita bisa mengetahui suasana emosional seseorang.Kita juga dapat melengkapi atau mengembangkan pesan-pesan verbal serta  dapat mempersuasi orang lain. Biasa nya dalam Bisnis olahraga atau musik komunikasi non verbal ini sering digunakan.

Manusia di dalam bisnis nya, ada yang berkelompok atau berorganisasi, ada juga yang sendiri. Di dalam Bisnis, berdasarkan konteks jumlah peserta yang terlibat dalam komunikasi, komunikasi dapat di golongkan menjadi tiga :

1.Komunikasi Interpersonal

adalah komunikasi dengan oranglain secara tatap muka, menggunakan bahasa verbal atau non verbal, peserta nya dua orang atau lebih, tetapi selain bertatap muka, komunikasi interpersonal juga dapat di lakukan lewat media. Contoh nya percakapan antara orang jual roti keliling dengan orang yang di tawarinya, orang yang memesan barang lewat facebook atau twitter, dan sebagainya.

2.Komunikasi Kelompok

adalah komunikasi antara kelompok orang (lebih dari dua orang). Komunikasi ini di bagi menjadi dua, ada yang kelompok besar ada juga yang kelompok kecil. Karakteristiknya pesan di sampaikan dari satu atau lebih komunikator terhadap sekelompok audien. Contoh nya rapat di suatu perusahaan, Arisan ibu-ibu, perkumpulan partai politik, dan sebagainya.

3.Komunikasi Massa

adalah komunikasi dengan menggunakan media massa modern. Proses komunikasi nya berlangsung di mana pesan di kirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti televisi,radio,surat kabar, dan film. Komunikasi Massa lah yang dewasa ini sering digunakan untuk Bisnis. Contoh nya suatu produk perusahaan minta di iklan kan lewat televisi,radio, dan sebagainya.

Di dalam dunia bisnis, tanpa ada komunikasi yang efektif akan ada kesalahpahaman antara satu dengan lain nya. Komunikasi yang buruk bisa membuat peningkatan produktivitas dan lingkungan kerja yang menyenangkan hampir tidak mungkin. Jadi sangat di perlukan komunikasi yang efektif demi kelancaran bisnis tersebut. Dalam komunikasi tersebut, efektifitas komunikasi di ukur dari adanya antara keterbukaan antara pihak yang melakukan komunikasi, saling mendukung antara pihak yang melakukan komunikasi, bersikap positif, saling memahami antara pihak yang saling melakukan komunikasi dan kesetaraan antara pihak yang melakukan komunikasi.

Dewasa ini, banyak seorang bisnisman  yang menggunakan media elektronik seperti handphone,computer,televise,radio,dan sebagainya untuk berkomunikasi. Dengan menggunakan media elektronik tersebut, kegiatan komunikasi bisa berjalan lebih mudah, efektif dan efisien. Tetapi kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung tatap muka menjadi berkurang.

Jadi pada akhirnya, apabila Bisnis tidak di jalankan tanpa ada suatu Komunikasi, maka Bisnis itu akan mati. Karna komunikasi adalah tulang punggung setiap pebisnis.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s