Proses Komunikasi oleh Komunikator yang Mempengaruhi Komunikan

Nama : Anggy Triyasyanti

NIM : 362012045

“Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa mengatakan apa dengan saluran apa, kepada siapa dan dengan akibat atau hasil apa”. Definisi tersebut disampaikan oleh Laswell, 1960.

SOURCE   ->  MESSAGE  ->  CHANNEL  ->  RECEIVER  ->  EFFECT

Hal tersebut memang sesuai dengan komunikasi yang terjadi dalam kehidupan makhluk hidup terkhusus manusia. Komunikator adalah seseorang yang menyampaikan pesannya dengan terlebih dahulu menguasai pesan atau topic yang akan dia sampaikan kepada komunikan dengan menggunakan media atau perantara dan kemudian komunikan menerima pesan tersebut dan menimbulkan efek atau pengaruh yang diharapkan terjadi dalam proses komunikasi tersebut. Apa yang dimaksud dengan proses komunikasi oleh komunkator yang mempengaruhi komunikan yaitu seperti yang dijelaskan diatas bahwa seorang komunikator menyampaikan suatu pesan dengan tujuan untuk merubah atau mempengaruhi pikiran (kognisi), sikap (afeksi), atau perilaku (psikomotorik) komunikan.

Komunikasi biasa dipakai sebagai proses penyampaian informasi yang disampaikan oleh komunikator juga mempengaruhi komunikan untuk mengetahui suatu berita atau informasi yang sedang terjadi dan dijadikan sebagai pemahaman suatu permasalahan. Misalnya berita tentang busana anak muda yang sedang trend pada saat ini disampaikan oleh para perancang busana lewat media (TV, majalah, koran) kepada khalayak ramai khususnya para remaja dan kemudian para remaja tersebut memberikan efek atau pengaruh berupa berubahnya penampilan berbusana para remaja yang kemudian mengikuti trend yang para remaja terima.

Selain untuk menyampaikan informasi, komunikasi juga untuk pendidikan. Pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dalam hal ini biasanya berupa wawasan baru yang berguna untuk memberi pemahaman dan penyelesaian akan sebuah persoalan. Misalnya guru disekolah sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikannya. Seorang guru memberikan pelajaran matematika lewat media alat hitung tradisional sempoa dan murid menerapkannya sebagai efek atau pengaruh komunkasi dalam kehidupan sehari-hari dan hal itu merupakan penyelesaian masalah kesulitan menghitung sebelum murid-murid tersebut bersekolah dan diajarkan matematika.

Dan komunikasi sebagai proses yang juga sebagai hiburan. Komunikan menyampaikan pesan yang bertujuan untuk menghibur komunikator yang kemudian menghasilkan efek perasaan menjadi senang. Misalnya, program TV berupa hiburan yang sedang sangat dinikmati masyarakat Indonesia saat ini adalah Opera van Java. Program Tv tersebut terdiri dari banyak komunikan yang menyampaikan pesan hiburannya melalui media TV yang kemudian dapat sampai di khalayak seluruh Indonesia dan menimbulkan efek atau pengaruh rasa senang karena merasa terhibur oleh program lawak TV tersebut.

Beberapa hal yang dijelaskan diatas adalah sesuai dengan realita pada era sekarang. Proses komunikasi. Dalam hal informasi, manusia sangat butuh komunikasi terbaru tentan apa yang sedang terjadi pada saat ini. Untuk segi pendidikan, manusia juga sangat membutuhkan hal ini untuk mereka menambahkan hal-hal baru dalam kehidupan mereka. Hal tersebu berguna untuk manusia dapat mengikuti perkembangan jaman dengan pengetahuan baru tentang kemajuan jaman pula. Sebagai hiburan, manusia juga membutuhkan hal itu untuk refreshing. Dengan komunikasi yang menghibur ini komunikator dapat merasakan perasaan senang seperti yang diharapkan dalam proses komunikasi hiburan.

Jadi, seberapa pentingkah komunikasi? Jawabannya adalah sangat penting. Manusia tidak akan pernah lepas dari proses komukasi. Karna komukasi adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap makhluk hidup khususnya manusia yan berguna untuk proses hidup. Tanpa komunikasi mungkin makhluk hidup akan mati karna mereka tidak dapat mengungkapkan perasaan dan keinginannya pada orang lain.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s