Media sosial (skype) sebagai alat komunikasi

Imanuela Patty – 362012015 ( Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi )

Gambar

Manusia sebagai makhluk sosial sangat membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Saling ketergantungan ini dapat terjalin secara baik jika terjadi komunikasi yang baik. Adapun caranya yang sudah sangat beragam. Bisa berkomunikasi secara langsung (tatap muka), atau secara tidak langsung, seperti melalui telepon dan sosial media (skype, facebook, twitter, line, etc). Disini saya akan lebih menyinggug pada berkomunikasi secara tidak langsung atau dengan menggunakan sosial media khususnya skype.

Siapa yang tidak tahu apa itu skype pada jaman modern ini ? semua orang dari kalangan orang tua hingga anak-anak mungkin sudah tau apa itu skype. Skype adalah salah satu media sosial yang menyediakan layanan untuk kita berkomunikasi (video call, call, dan pesan teks).  Dengan skype kita dapat berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh dengan kita, mungkin terpisah kota, pulau ataupun benua. Seperti yang kita ketahui, komunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Bukan hanya skype yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain, ada banyak media sosial yang juga bisa kita gunakan, contohnya (facebook, twitter, line, myspace, etc) akan tetapi media sosial ini sering kali disalah gunakan oleh penggunannya. Contohnya saja banyak pengguna-pengguna facebook, twitter  yang sering menulis kata-kata kotor, kata-kata yang tidak layak dikonsumsi oleh publik, ataupun saling menjatuhkan satu sama lain (antar dinding), itu sangat tidak baik untuk dipublikasikan, karena ini dibaca oleh semua orang dari berbagai kalangan khususnya anak-anak dibawah umur yang saat ini juga sudah menggunakan media sosial tersebut. Dan pada saat orang-orang (pengguna media sosial) membacanya (tulisan-tulisan tidak layak) mereka sendiri yang akan menentukan itu baik diterima atau tidaknya, maka Sunarto dalam bukunya yang berjudul Komunikasi Antar Pribadi mengatakan bahwa Pada saat komunikasi dilancarkan, komunikator mengetahui secara pasti apakah komunikasinya positif atau negatif, berhasil atau tidaknya. Jika ia dapat memberikan kesempatan pada komunikan untuk bertanya seluas-luasnya. “

Oleh karena itu skype dibuat tidak menggunakan beranda, timeline, dan lain sabagainya seperti yang ada pada facebook dan twitter. Skype merupakan aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan video(bisa bertatap muka secara tidak langsung), dan dikhususkan untuk telepon dengan video. Namun bisa juga di gunakan non-video, yaitu telepon dan pesan. Dan itu akan memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahpahaman dalam berkomunikasi (miss komunikasi). Karena kita dapat langsung berbicara dan bertatap muka (walaupun secara tidak langsung), tidak melalui pesan teks, belum tentu tulisan atau perkataan kita yang kita teks-kan itu dapat dipahami betul oleh si penerima pesan, karena masing-masing kita memiliki pemahaman yang beda, maka dari itu Devito, Joseph A dalam bukunya yang berjudul Human Communication mengatakanSesungguhnya menggunakan sistem isyarat/simbol yang menuntut penyesuaian. Hal demikian terlihat jelas manakala orang-orang yang berkomunikasi itu menggunakan bahasa yang berbeda, maka penyesuaian atas penggunaan isyarat atau simbol yang sama (yang dapat dimengerti) akan menguat.Seni berkomunikasi sesungguhnya mengidentifikasi dan mengenali isyarat atau simbol-simbol yang digunakan orang lain”.

Jadi kita harus tahu betul apa itu KOMUNIKASI agar tidak terjadi ksalahpahaman (miss komunikasi) dalam berkomunikasi. Menurut KBBI komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antar dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat diterima. Dengan berkomunikasi kita dapat saling berhubungan dengan siapa saja dan dimana saja sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan di atas, tentang salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara tatap muka namun tidak secara langsung.

Daftar Pustaka

Devito, Joseph A. (1996). Human Communication

Sunarto. 2003. Manajemen, Komunikasi Antar Pribadi dan Gairah KerjaKaryawan. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai DepartemenKehakiman dan HAM

http://www.anneahira.com/pentingnya-komunikasi.htm

http://www.scribd.com/doc/95299120/Makalah-Komunikasi-Interpersonal

http://www.anneahira.com/images/pentingnya-komunikasi.jpg

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s