Komunikasi Sepasang Kekasih

Nikky Aprillia / 362012020 / Progdi Ilmu Komunikasi / FISKOM – UKSW
Masih ingatkah saat masa-masa pendekatan dengan kekasih? Banyak sekali kata-kata manis yang akan dilontarkan sehingga berlanjutlah jalinan kasih itu. Suatu pasangan kekasih akan terlihat sangat harmonis ketika mereka sedang bercengkrama, tertawa dan membahas sesuatu bersama. Edwin Emery menyatakan, komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan sikap seseorang kepada orang lain. Jika adanya kesalahpahaman penerimaan informasi akan menjadi bencana untuk pasangan kekasih itu sendiri.
Sering salah satu pihak baik wanita ataupun laki-laki mengabaikan suatu komunikasi yang terjalin yang nantinya akan menjadi miss communication dan tentu saja akan berakhir dengan pertengkaran. Komunikasi bisa berbentuk verbal dan non verbal. Memang kebayakan kita menganggap komunikasi hanya berbentuk verbal (ucapan atau perkataan) saja. Namun sesungguhnya banyak jenis yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi seperti tulisan dan bahasa tubuh.
Bagaimana bisa komunikasi berperan penting dalam suatu pasangan? Banyak yang mengatakan saling pengertian dan perhatian itu salah satu kunci penting dalam mempertahankan hubungan. Namun benarkah pasangan kekasih mengerti betul arti pengertian dan perhatian tersebut? Pengertian adalah ketika salah satu mengalah untuk pasangannya. Sedangkan perhatian adalah ketika salah satu mengetahui segala bentuk tingkah dari keseharian pasangannya. Ungkapan itu yang biasanya dapat dengan mudah dilihat dari sepasang kekasih muda yang baru saja menjalin kasihnya. Memang tidak bisa disalahkan pemahaman sepasang kekasih itu.
Sesungguhnya kunci yang paling utama keharmonisan sepasang kekasih adalah komunikasi yang baik. Seperti yang terdapat dalam akhir buku Lima Bahasa Kasih karangan Dr. Gary Chapman, “berbicara cinta dengan bahasa yang dipahami pasangan kita berarti mengisi tangki cintanya ! Ketika tangki cinta ini penuh, mereka akan mulai membalas dengan mengisi tangki cinta kita. Dengan melakukan hal ini secara terus-menerus, kehidupan cinta kita akan hidup, dipenuhi romantisme, dan semakin indah..” Kita harus bisa mencari kata-kata yang mudah dipahami oleh pasangan inilah yang disebut pengertian. Kemudian mencari tahu bahasa kasih kita sendiri lalu menyampaikannya kepada pasangan kita inilah yang disebut perhatian. Disinilah peran penting komunikasi.
Komunikasi selalu dibutuhkan dalam situasi apapun. Contohnya saat terjadi miss communication harus diselesaikan dengan komunikasi yang baik tentu tidak dibumbui oleh emosi dan ego yang tinggi. Emosi dan ego yang tinggi akan membuat pemilihan kata yang buruk sehingga memancing masalah akan semakin rumit. Sebaliknya jika komunikasi dibumbui dengan rasa tenang dan sabar akan membuat permasalahan membaik. Apakah pertengkaran selalu berdampak buruk? Tentu saja tidak, dari sebuah pertengkaran akan menghasilkan hubungan yang lebih romantic dari sebelumnya. Tentu saja karena pasangan merasa nyaman dengan komunikasi yang sedang terjalin seusai pertengkaran yang tadi terjadi membuat pasangan akan lebih terbuka.
Kurangi bicara, perbanyak mendengar. Dalam komunikasi yang baik, sangat penting untuk saling mendengarkan dan mengerti keinginan lawan bicara. Bukan sekedar mendengar, namun fokus pada makna pembicaraan. Semakin kita bisa saling mendengarkan, semakin baik pula komunikasi yang terbina. Jadilah komunikan yang baik untuk pasangan jangan hanya melulu menjadi komunikator. Karena seperti ungkapan Himsteet& Baty “komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.”
Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Dimana dia akan menjalin komunikasi dengan banyak orang yang berbeda latar belakang termasuk jenis kelamin. Tidak mungkin manusia hanya menjalin komunikasi atau berhubungan dengan satu manusia saja, misalnya dengan pasangannya saja. Pasti akan berhubungan dengan banyak orang. Melalui komunikasi paling tidak akan meminimalisir atau memperkecil tingkat konflik dengan pasangan.
Jangan sampai perselingkuhan atau perpisahan menjadi ujung dari kesalahan komunikasi dengan pasangan. Tetap jalin komunikasi yang baik dimanapun berada. Karena bisa saja komunikasi baik yang memulainya dan komunikasi buruk yang mengakhiri segalanya. “Dalam cinta seringkali kebungkaman lebih berlaku daripada percakapan” – PASCAL
Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi
http://wolipop.detik.com/read/2012/09/25/184034/2036233/854/4-cara-mengatasi-krisis-komunikasi-dalam-pernikahan

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s