ANGGAS PERMANA PUTRA 362012044 (FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI DAN SOSIAL)

PERLUKAH SETIAP KOMUNIKASI YANG TERJADI,HARUS TERJADI DENGAN EFEKTIF?

 Definisi Komunikasi :

 Kehidupan manusia di dunia tidak dapat dilepaskan dari aktivitas komunikasi karena komunikasi merupakan bagian integral dari sistem dan tatanan kehidupan sosial manusia dan masyarakat. Aktivitas komunikasi dapat dilihat pada setiap aspek kehidupan sehari-hari manusia yaitu sejak dari bangun tidur sampai manusia beranjak tidur pada malam hari. Bisa dipastikan sebagian besar dari kegiatan kehidupan kita mengunakan komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal. Namun, apa yang dimaksud dengan komunikasi itu sendiri ?

Pawito dan C Sardjono (1994 : 12) mencoba mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses dengan mana suatu pesan dipindahkan atau dioperkan (lewat suatu saluran) dari suatu sumber kepada penerima dengan maksud mengubah perilaku, perubahan dalam pengetahuan, sikap dan atau perilaku overt lainnya. Sekurang-kurangnya didapati empat unsur utama dalam model komunikasi yaitu sumber (the source), pesan (the message), saluran (the channel) dan penerima (the receiver).

 Wilbur Schramm menyatakan komunikasi sebagai suatu proses berbagi (sharing process). Schramm menguraikannya sebagai berikut :

“Komunikasi berasal dari kata-kata (bahasa) Latin communis yang berarti umum (common) atau bersama. Apabila kita berkomunikasi, sebenarnya kita sedang berusaha menumbuhkan suatu kebersamaan (commonnes) dengan seseorang. Yaitu kita berusaha berbagai informasi, ide atau sikap. Seperti dalam uraian ini, misalnya saya sedang berusaha berkomunikasi dengan para pembaca untuk menyampaikan ide bahwa hakikat sebuah komunikasi sebenarnya adalah usaha membuat penerima atau pemberi komunikasi memiliki pengertian (pemahaman) yang sama terhadap pesan tertentu” (Suprapto, 2006 : 2-3).

 Dari uraian tersebut, definisi komunikasi menurut Schramm tampak lebih cenderung mengarah pada sejauhmana keefektifan proses berbagi antarpelaku komunikasi. Schramm melihat sebuah komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang berhasil melahirkan kebersamaan (commonness), kesepahaman antara sumber (source) dengan penerima (audience)-nya. Menurutnya, sebuah komunikasi akan benar-benar efektif apabila audience menerima pesan, pengertian dan lain-lain persis sama seperti apa yang dikehendaki oleh penyampai.

 

Saya setuju dengan Schramm yang mengatakan bahwa  “sebuah komunikasi akan benar-benar efektif apabila audience menerima pesan,pengertian,dan lain-lain sama seperti apa yang di kehendaki oleh penyampai” . karena memang benar komunikasi di katakan efektif apabila audience menerima pesan dengan jelas seperti apa yang disampaikan oleh penyampai pesan. Sebagai contoh : di sebuah kelas terdapat dosen dan mahasiswa ,dimana si dosen sedang mengajar,tetapi sebagian besar mahasiswa yang berada di belakang ribut sendiri,dan tidak memperhatikan dosen yang sedang mengajar, dampak nya pesan yang disampaikan oleh dosen kepada mahasiswa tidak akan efektif, jadi disini menurut saya dosen  seharusnya mengerti suasanya mahasiswa nya ,sehingga dosen bisa mengantisipasi agar semua mahasiswa tidak cepat bosen.sehingga penyampaian pesan dalam kelas berjalan dengan efektif,

Faktor yang mempengaruhi komunikasi diantaranya :

1. Latar belakang budaya

Interpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator dengan komunikan maka komunikasi semakin efektif.

2. Ikatan kelompok atau group    

Nilai-nilai yang dianut oleh suatu kelompok sangat mempengaruhi cara mengamati pesan.

3. Harapan

Harapan mempengaruhi penerimaan pesan sehingga dapat menerima pesan sesuai dengan yang diharapkan.

4. Pendidikan

Semakin tinggi pendidikan akan semakin kompleks sudut pandang dalam menyikapi isi pesan yang disampaikan.

5. Situasi

Perilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan/situasi.

Dengan contoh diatas menurut saya keefektifan dalam sebuah komunikasi sangat lah penting,karena lewat keefektifan itu sendiri,setiap pesan yang disampaikan oleh komunikator dapat tersampaikan dengan jelas ,dan dapat diterima oleh komunikan itu sendiri,serta mendapat respon dari komunikan.

sumber :

sriherwindya.staff.uns.ac.id/files/2010/07/definisi.doc

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi#Faktor_yang_mempengaruhi_komunikasi

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s