Spreading Information from Cyber Community become Trending Topic World Wide

Amelia Prisilia P / 362011081 / Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi – Komunikasi

Beberapa dari kita masing-masing telah akrab dengan salah satu jejaring sosial microblog Twitter. Kita juga pasti sering mendengar Trending Topic World Wide (TTWW) yang merupakan bagian dari jejaring sosial ini. TTWW ini sendiri merupakan space dimana berbagai topik-topik terhangat yang dibicarakan dalam waktu bersamaan oleh semua pengguna twitter didunia dengan menggunakan tanda  hashtag (#) ditampilkan. Agar pesan atau yang disebut oleh pengguna Twitter sebagai kicauan (tweet) dapat masuk dalam daftar TTWW, pembuat kicauan harus membuat kicauan yang menarik perhatian pengguna Twitter lainnya, sehingga menjadi topik perbincangan terbanyak dengan menggunakan hashtag topik tersebut. Bukan saja menarik, namun juga berisi informasi penting mengenai suatu hal, atau terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya. Selain itu, tidak hanya tweet yang menarik yang mampu menembus Trending Topic World Wide, namun juga bagaimana partisipasi yang diberikan dari jumlah followers dan following (sebutan untuk akun lain yang ingin mengajak kita sebagai teman dan yang kita ingin menjadi teman) menanggapi kicauan anda.

Beberapa waktu lalu, dunia dihebohkan dengan munculnya boyband baru asal Inggris yaitu One Direction. Boyband ini melakukan debut di Amerika setelah memenangkan kompetisi besar yaitu The X Factor. Melalui jejaring sosial yaitu Twitter ini berbagai akun fanbase untuk One Direction yang dikenal dengan Directioners terbentuk, akun-akun ini menyajikan berbagai informasi terbaru, fakta, dan kumpulan foto-foto idola ini. Sebut saja @1DirectionIndo yang merupakan akun official fanbase One Direction di Indonesia, dengan jumlah followers mencapai 95.085, following 8492, dan jumlah kicauan yang mencapai 88.318.

Gambar

One Direction sendiri telah melakukan promosi dengan mengadakan “Up All Night World Tour”. Kumpulan Directioners yang di Indonesia juga berharap kelompok boyband ini akan hadir di Indonesia untuk menghibur mereka. Karena itu, pada beberapa bulan yang lalu, tepatnya Kamis (23/2/2012) muncul dihalaman Trending Topic World Wide sebuah topikyang merupakan desakan tweeps penggemar boyband asal Inggris ini agar sekiranya ada promotor Indonesia yang tertarik mengadakan konser artis ini. Besarnya antusiasme remaja untuk menyaksikan secara langsung aksi boyband tersebut yang kemudian mengantarkan #IndonesiaWantsOneDirection sebagai pengisi puncak dari daftar trending topic di Twitter.

Gambar

Gambar

Kemunculannya bermula dari beberapa akun fanbase One Direction di Indonesia yang secara bersamaan bekerja sama untuk membuat semua followers maupun following –nya membuat hashtag serupa dan menembus TTWW. Ada beberapa akun yang bekerja sama menyebarkan pesan ini kepada semua pengikut akunnya, yaitu @1DirectionIndo , @onedirection_ID , 1Dtheboyss, dll. Jika ditelisik One Direction sering menempati tempat sebagai topik yang paling sering dibicarakan, setelah Justin Bieber, Ashilla Zahrantiara, Twilight, dan berbagai topik mengenai fenomena-fenomena lainnya.

Dari sedikit paparan diatas, sangat terlihat bahwa penyebaran informasi yang dilakukan berbagai akun fanbase One Direction ini, bahkan sampai menembus daftar Trending Topic World Wide. Mereka memanfaatkan jumlah pengikut akun yang beribu-ribu itu untuk menyebarkan informasi, sekaligus membantu para pengikut mereka yang menginginkan hadirnya idola mereka. Kesimpulan yang saya ambil ialah bahwa penyebaran informasi yang dilakukan secara besar-besaran oleh cyber community yang memiliki jumlah pengikut yang besar mampu untuk menarik perhatian banyak orang baik didalam komunitas tersebut maupun diluar komunitas itu.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s