Internet, sangat membantu atau pelengkap?

Febe Melina Tolan

(362011079)

Dalam perkembangan teknologi sekarang ini kita mengenal dan tidak asing lagi dengan suatu teknologi yang disebut dengan internet. Hadirnya teknologi ini merupakan salah satu yang mempengaruhi revolusi komunikasi di dunia. Dengan internet sangat mudah untuk memperoleh informasi mengenai apa saja, yang umumnya sekarang kita kenal dengan istilah new media. Lalu kita mengenal istilah konvergensi media, dimana teknologi (internet) yang menyatu dengan media.

Saat internet masih asing dan belum dapat di akses secara bebas dan terbatas. Orang-orang mengandalakan teknologi yang kita sebut sebagai old media. Contoh old media yaitu buku yang tebalnya sampai berates-ratus halaman, berat saat dibawa kemana-mana. Koran, yang mana di Indonesia modelnya lebih besar dan lebar di banding buku, walaupun tidak berat seperti buku, namun tetap saja modelnya merepotkan. Radio, yang pada umumnya harus menggunakan antena untuk mendengarkan frekuensi tertentu, dari bentuk yang paling sederhana hingga modern (bisa di akses lewat handphone) tetap ada gangguan, saat radio dipindahkan maka mempengaruhi kejernihan suara. Dan juga terlebih media yang menghadirkan visual dan audiovisual seperti Televisi. Televisi yang awalnya juga harus menggunakan satelit untuk memperoleh siaran yang bersih dan jernih. Hal ini tentu merepotkan, walaupun sekarang ini kita mengenal istilah “TV Cable” dimana kita bisa mengakses banyak  siaran dan kualitas visual dan audiovisualnya bersih dan jernih.

Dari hal diatas, dapat kita lihat bagaimana kekurangan dari old media itu, kelebihannya tentu kita bisa menikmati hiburan dan memperoleh informasi. Namun dengan adanya revolusi komunikasi dalam perkembangan zaman, teknologi internet sejauh ini mulai mudah di akses oleh hampir semua orang dan semua kalangan. Lalu muncullah konvergensi media, sekarang ini kita mengenal adanya “e-book” di internet bisa di akses kapanpun dan dimanapun. Demikian pula dengan Koran, sekarang ini sudah banyak Koran-koran di Indonesia yang tidak hanya memberi informasi melalui media cetak, namun juga secara online. Dan kelebihannya lagi, informasi yang di-update secara online lebih cepat dibanding dengan yang di media cetak. Selain itu, radio dan televisi juga bisa diakses melalui internet. Stasiun radio atau stasiun TV akan menyediakan link untuk mendengarkan dan menonton secara streaming di website mereka. Namun tidak semua stasiun TV dan radio bisa akses melalui internet.

Sepintas konvergensi media dalam revolusi media sangat memudahkan untuk memperoleh informasi dan hiburan melalui teknologi internet. Namun walaupun demikian, sekarang ini masih banyak masyarakat, khususnya di Indonesia sendiri yang lebih suka menggunakan old media dibanding dengan new media. Bagi sebagian orang yang sempat saya tanyakan mengenai seberapa membantunya internet dalam memperoleh informasi dan hiburan,mereka menjawab bahwa teknologi internet hanya sebagai media pembantu saja. Dan sebagiannya lagi menyatakan bahwa internet sangat membantu, disamping mudah mengaksesnya, informasi yang disajikan juga up to date  dan lebih murah.

Jadi, bagaimana konvergensi media membantu dan bermanfaat bagi pengguna, itu kembali pada penggunanya dalam memanfaatkan secara tepat dan baik. Media teknologi memang pada umumnya diciptakan dan di perkenalakan pada khalayak agar khalayak dapat mengakses media-media yang disediakan melalui internet.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s