Dampak Tik + pendidikan= (+) / (-)?

DAMPAK TIK + PENDIDIKAN = (+)/ (-)?

Gambar

Dampak TeknoInfo + Pendidikan =  (+)/ (-)?

Oleh: Cindy Marcella Wijaya  (362011090)

Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi

“Technology is just a tool. In terms of getting the kids working together and motivating them, the teacher is most important.” – Bill Gates :)

Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK adalah mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.Teknologi informasi  meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Jadi TIK mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Lalu apa dampak TIK terhadap pendidikan? 

Perkembangan-perkembangan dalam bidang teknologi dan informasi (TIK) semakin lama semakin pesat dan berbagai kualitas dan manfaat dapat didapat dengan mudahnya, dimana saja dan kapan aja dengan waktu yang sangat cepat. Menurut UNESCO abad ke 21 perubahan visi pendidikan sesuai dengan UNESCO yaitu: yang mendasarkan pada ‘learning’ dan tidak lagi teaching’(1) learning to think (belajar berfikir, berorientasi pada pengetahuan logis dan rasional), (2) learning to do (belajar berbuat / hidup, berorientasi pada how to solve the problem, (3) learning to be,(belajar menjadi diri sendiri, berorientasi pada pembentukan karakter), dan (4)learning to live together (belajar hidup bersama, mengarahkan pada kerja sama dan sikap toleran). Dan karena perubahan paradigma ini sekarang guru lebih berfungsi sebagai motivator, fasilitator dan tentunya mengarahkan siswanya dalam pemecahan masalah, karena para siswa sekarang dapat browsing atau mencari informasi atau belajar dimanapun mereka mau dengan adanya teknologi informasi yang disukung dengan munculnya  internet dan teknologi komunikasi sekarang ini seperti: blackberry, iPad, tab, andorid dsb).

Ruang kelas (cyberclass) saja sudah diperlengkapi atau belajar dengan menggunakan komputer/ laptop , LCD , yang diperlengkapi dengan fasilitas internet. Pengajaran sekarang ini adalah e- learning yaitu suatu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet, yang mempunyai kriteria sebagai berikut(Rosenberg (2001;28):  e learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbarui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi, pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar, memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran  dibalik paradigma pembelajaran tradisional. Dan juga dapat memperoleh bahan pembelajaran melalui perpustakaan elektronik (e-libary), buku elektronik (e-book), kursus online, tutorial online, join researh yang dapat memperoleh bahan pembelajaran seperti buku, modul, jurnal, majalah, atau surat kabar.

Dari perkembangan TIK terhadap pendidikan ini memiliki dampak postif dan negatif. Dampak postifnya yaitu: dapat mengasah sebagai keterampilan/ skill, infrastruktur pendidikan, sumber bahan ajar, infrastruktur pendidikan, alat bantu fasilitas belajar, inovasi pembelajaran semakin berkembang. Lalu dampak negatif nya adalah adanya dapat melakukan sendiri akan memunculkan sifat individual, lalu munculnya keurangan mengopy hasil orang lain (plagiat), dan mengakses hal-hal yang tidak baik/ menyalahgunakannya.

Tabel dibawah ini merupakan contoh pendidikan menggunakan TIK:

Modus Belajar
Dukungan TI
Mendengarkan
Web cast, video/audio conference, sekuen presentasi
Mencari saran
Mailing list, e-mail, chatting, video/audio conference, on-line mentoring
Membaca
Browsing Internet, buku on-line, perpustakaan digital
Memperhatikan
Sekuen presentasi, movie, papan tulis on-line
Menyimak
Tour virtual, diskusi on-line
Menerima kritik
Diskusi on-line, video/audio conference, mailing list on-line mentoring
Memodelkan
Simulasi, game on-line, kegiatan role-playing on-line
Eksplorasi
Eksperimen virtual, simulasi
Mendiskusikan ide
Mailing list, video/audia conference,chatting,diskusi on-line, forum kolaborasi
Mempraktekkan
Eksperimen virtual, test on-line, game pembelajaran
Meneliti
Tutorial on-line, perpustakaan digital, www

   (Horton, Designing Web-Based Training, Wiley, 2000)

Jadi jangan katakan tidak pada teknologi, karena dengan perkembangan TIK saat ini membantu memudahkan kita, tetapi ingat jangan menjadikan satu-satunya sebagai media pembelajaran, tetap memanfaatkan media-media tradisional seperti buku semisalnya, lalu dari guru maupun keluarga tetap mengajarakan bertika dalam internet dan perkembangan media-media tersebut agar tau baik burukunya,postif atau negatifnya dan  dari siswanya sendiri juga harus berhati-hati dalam menggunakannya menjadi smart user. :)

DAFTAR PUSTAKA:

http://tikapranandasari.blogspot.com/2012/01/dampak-teknologi-informasi-bagi-dunia.html

http://dimaspria.blogspot.com/2012/02/normal-0-false-false-false.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi

Maryono,Y, B Istiami, Patmi. 2008.Teknologi Informasi dan Komunikasi.Yudhistira

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s