Dampak teknologi bagi remaja

Latar belakang

Umumnya pengguna internet remaja didominasi oleh para remaja. Internet menjadi faktor penting bagi kehidupan remaja, untuk mengakses berbagai situs yang berhubungan dengan pendidikan, hobi atau minat mereka hingga situs-situs jejaring sosial. Banyak orang menggunakan jejaring sosial untuk mencari pertemanan dan menjalin komunikasi di dalam situs Friendster dan yang sedang tren saat ini adalah Facebook.

Interaksi sosial yang biasanya ada kontak langsung dan komunikasi dilakukan secara tatap muka, kini beralih pada pemanfaatan teknologi melalui jejaring di dunia maya. Situasi ini menjadi sesuatu yang fenomenal, hingga akhirnya menjadi kebiasaan dalam komunikasi antar remaja.

Efek positif dan negatif internet pada remaja yang seolah kontradiktif membuktikan bahwa dampak dari internet sangat tergantung dari penggunanya. Oleh karena itu untuk menyeimbangkan efek positif dan negatif dari internet terhadap remaja adalah justru komunikasi yang efektif antara orangtua dan remaja serta adanya bimbingan yang tepat. jika orang tua mengizinkan remaja untuk memaksimalkan manfaat internet. Para remaja berhak mendapatkan yang terbaik internet, namun orangtua harus membimbing remaja untuk menggunakan internet dalam meningkatkan pengalaman belajar dan menghasilkan efek yang positif. Internet ada untuk membantu kehidupan manusia. Oleh karena itu semua pihak, sebagai pemerintah, masyarakat, dan media perlu ikut bertanggung jawab menghadapi tantangan kemudahan hidup yang ditawarkan internet di masa depan. Karena hal tersebut akan berpengaruh dalam pembentukan generasi unggul di masa yang akan datang.

Pada masa remaja, seorang remaja mulai melepaskan diri dari orang tua. Mereka mulai menyesuaikan diri dengan lawan jenis.Kelompok teman sebaya sangat berpengaruh dalam pergaulan remaja.Internet dapat membantu remaja dalam bersosialisasi. Internet memudahkan remaja menjalin relasi dengan teman ataupun lawan jenis.Jarak dan waktu tidak lagi menjadi halangan dalam hal komunikasi. Akan tetapi, sebuah penelitian menggungkapkan bahwa seorang remaja yang kecanduan internet cenderung mengalami penurunan keinginan untuk berkomunikasi secara langsung, tatap muka, khususnya dengan keluarga. Lebih dari itu, sebenarnya internet telah membatasi pergaulan seorang remaja. Remaja yang kecanduan internet hanya bisa berelasi dengan mereka yang juga mampu mengakses internet. Remaja lalu sangat selektif dalam memilih teman.

 

Contoh teknologi bagi remaja adalah facebook.

 Dampak negatif dari situs jejaring sosial Facebook kian hari kian terasa. Sejak diciptakan pada 2004 oleh Mark Zuckerberg, situs jejaring sosial Facebook terus melonjak. Facebook digunakan pada umur diantaranya adalah remaja (14-24 tahun).

Berikut adalah beberapa efek negatif  facebook :

  • Kurangnya sosialisasi dan tidak peduli dengan sekitarnya
  • Berkurangnya waktu belajar
  • Mengganggu kesehatan
  • Menghamburkan uang
  • Rawan terjadi cybercrime

 

Dampak positif facebook bagi remaja :

 

  • Mendapatkan teman yang baik
  • Mempermudah berkomunikasi dengan teman di tempat yang jauh
  • Mendapatkan info-info tertentu dengan mudah
  • Menjadi sarana untuk berdiskusi bagi rekan-rekan perusahaan
  • Mendapatkan tali persaudaraan
  • Sebagai tempat diskusi
  • Sebagai sarana untuk promosi

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s