“PENGGUNAAN FACEBOOK OLEH KAUM LESBIAN” (Pembaruan tugas)

Nama    :Anggun Wulandari
NIM    :362011035

Kemajuan teknologi semakin berkembang, Media internet menjadi suatu media baru bagi masyarakat.New media banyak menekankan bagaimana kontruksi sosial media memberi kontribusi terhadap kehidupan manusia secara keseluruhan. Persoalan cyber seperti perumpamaan “ruang waktu” bahwa manusia memiliki kehidupan baru diatas dunia nyata (Burhan Burgin;2009). .Pada prinsipnya teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, dalam hal ini teknologi komunikasi misalnya komputer menjadi teknologi komunikasi karena terhubung oleh internet.Dalam internet memberikan suatu kemudahan komunikasi antar individu melalui berbagai jejaring sosial, diantaranya facebook.Facebook menjadi suatu hal yang menarik karena dalam situs jejaring sosial facebook semua orang dapat mengekspresikan apapun yang mereka inginkan.
Di dalam facebook, terdapat banyak fitur yang memudahkan pengguna untuk mempresentasikan dirinya.Diantaranya adalah foto, wall, dan info. Info ini berisi identitas diri sang pengguna facebook, seperti tempat tanggal lahir, jenis kelamin, dan biodata tentang ‘siapa’ dirinya. Hal ini sering kali disalahgunakan oleh para penggunananya.Disini saya akan membahas tentang penyalah gunaan facebook oleh kaum lesbian.
Lesbian menurut http://www.artikata.com/arti-106331-lesbian.html adalah wanita yg mencintai atau merasakan rangsangan seksual sesama jenisnya; wanita homoseks.Lesbian didalam masyarakat masih merupakan hal yang tabu karena mereka berpikir bahwa sebuah pasangan itu terdiri dari perempuan dan laki-laki.Karakteristik seorang lesbian yang tertutup dari masyarakat mendorong mereka untuk menciptakan komunitas-komunitas yang anggotanya mereka anggap sama dengan mereka.Dan komunitas-komunitas itu bisa dilihat didalam akun facebok.Tidak sulit untuk membuat akun facebook,dan tidak dibutuhkan persyaratan yang rumit untuk memiliki akun tersebut.Ditambah lagi fitur Facebook sudah tersedia didalam fitur handphone menambah kepraktisan dalam penggunaan  facebook.Salah satu kemudahan dalam pembuatan akun facebook memberikan peluang bagi pengguna untuk memiliki lebih dari satu akun dengan identitas yang berbedaKemudahan ini terkadang disalah gunakan oleh para kaum lesbian untuk mempunyai akun lebih dari satu dan dengan bebas mencitrakan dirinya tanpa diketahui identitas tersebut benar atau salah.Seolah-olah kebenaran tentang suatu identitas bukanlah hal yang penting ketika komunikasi itu dilakukan melalui alat komunikasi tanpa bertatap muka langsung.
Disamping itu facebook juga mempunyai fitur group yang memungkinkan seseorang untuk bergabung dalam komunitas yang diminati dan berkomunikasi dengan teman satu group.Didalam dunia maya,bukanlah komunitas atau group yang mencari individu,melainkan individu yang mencari komunitas atau group tersebut.
Didalam dunia nyata,kaum lesbian tidak bisa bebas mengekspresikan dirinya karena masih terikat dengan norma-norma dlingkungan sekitar.Namun facebook dapat memberikan kebebasan ruang gerak bagi mereka. Ruang gerak inilah yang menjadikan kaum lesbian merasa “bebas” dalam berinteraksi dan mengekspresikan diri mereka.Terlebih dengan adanya fitur group dalam facebook.Hal ini memudahkan kaum lesbian berinteraksi terutama dengan komunitasnya.Di dalam Facebook para kaum lesbian dapat berkomunikasi dengan banyak orang dalam dunia maya dibandingkan dengan komunikasi mereka dalam masyarakat (dunia nyata).

Biasanya seorang lesbian dengan bebas memasang foto  mesra dengan pasanganya untuk memberikan tanda bahwa mereka adalah salah satu dari kaum lesbian,sehingga dengan begitu kaum yang lain dapat mengetahuinya dan mencoba berhubungan dengan seorang tersebut.Karena tidak ada peraturan yang mengikat di dalam facebook,kebebasan semacam ini banyak terjadi.
Sebenarnya manusia membutuhkan pengakuan dan kesetaraan sosial.Begitu juga kaum lesbian,mereka mengaharapkan pengakuan dan kesetaraan sosial dari masyarakat disekitarnya.Semua itu tidak mereka dapatkan sehingga facebook digunakan untuk media “pelarian”.Walaupun begitu perlu adanya peninjauan kembali arti kegunaan facebook sebenarnya.Facebook merupakan sosial media yang dapat diakses oleh semua orang.Walaupun masalah pengelolaan akun tetap sepenuhnya ada pada si pemilik akun.
Facebook hadir di tengah-tengah masyarakat luas pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya adalah untuk memudahkan pertemanan, komunikasi, dan melebarkan jaringan/koneksi, dan memudahkan masyarakat satu dengan yang lain dalam pemenuhan kebutuhan sebagia makhluk sosial yang saling bergantung.Bukan menjadi tmpat untuk terlalu fulgar dalam mengekspresikan diri. Seharusnya para kaum lesbian lebih cermat lagi dalam menggunakan facebook karena pengguna facebook terdiri dari semua golongan terlebih lagi agar tidak menimbukan citra yang buruk di mata masyarakat. Selain itu, kita juga harus menjaga norma-norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat dan negara, sehingga kita dapat mempertanggungjawabkan setiap perilaku dan sikap kita di dunia maya.Karena dengan penggunaan Facebook dan situs jaringan pertemanan lainnya dengan baik, benar dan bertanggung jawab, kita dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu dengan nyaman, tidak mengganggu kepentingan orang lain,dan aman.
http://www.facebook.com/mhurzhanfemm.buchymore
Daftar Pustaka     :
1.    Saverin, Werner J. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta : Kencana
2.    http://tulisananakkos.wordpress.com/2009/10/31/makalah-dampak-penyalahgunaan-facebook/
3.    www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=arti+lesbian&source=web&cd=4&cad=rja&ved=0CDIQFjAD&url=http%3A%2F%2Fwww.artikata.com%2Farti-106331-lesbian.html&ei=waGOUIn5HoK8rAeaz4CoAQ&usg=AFQjCNGeWuMqpr1Cw7MFUqwmbZN5n4Fv1w

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s