Game dalam New Media

Selvina R / 362011054

 

Online Game dalam New Media

Banyak perkembangan video game dari dulu hingga sekarang. Sejarah perkembangan game. Berkembangnya game online ini tidak lepas dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer saat ini. Dahulu game online hanya berskala kecil (small local network) tetapi sekarang mulai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.

Game online yang pertama kali muncul tahun 1960-an hanya menggunakan komputer yang dapat dimainkan 2 orang saja. Lalu komputer dengan kemampuan time-sharing muncul yang dapat membuat game online dapat dimainkan lebih dari 2 orang dan tidak harus berada pada satu ruangan yang sama (Multiplayer Games). Tahun 1970 muncullah jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking) yang tidak sebatas LAN tetapi mencakup WAN dan menjadi internet.

 Perbandingan antara game dulu hingga game modern jaman sekarang seperti Dari game konsol yang menggunakan old media seperti nitendo, sega dan playstation, hingga fenomena terbaru dan menakjubkan yakni online game menggunakan jaringan internet atau new media.menggunakan game konsol sekarang mulai ketinggalan jaman, seiring dengan meluasnya jaringan operator game online. Lembaga riset china melaporkan penjualan game online diseluruh dunia mencapai 2,67milyar US Dollar.(kidia edisi 18 februari-maret 2009). Price Waterhouse Cooper menyatakan selama 5 tahun kedepan dari 2008, industry video game akan menjadi industry hiburanyang pesat perkembanganya. Tahun 2008, industry video game mengeruk keuntungan 55milyar US Dollar.

 

Online Game di Indonesia

                Online di Indonesia saat ini semakin merebak dikalangan para “gamers”, darigamers kalangan pelajar sampai gamers kalangan umum. Sebuah film documenter oleh Angen Sodo priambodo bejudul Game is On, berisi kecanduan seorang remaja obesitas karena terlalu lama duduk dimonitor untuk bermain online game bernama Erlangga yang memberi testimony tentang pengalaman bermain game online yang bukan melibatkan kesenangan saja namun transaksi ekonomi para pemain game online dengan jual beli persenjataan dalam game mereka.

 

 

Dampak Negatif main game

Mereka yang sering main game dalam waktu lama cenderung makan lebih banyak sehingga beresiko menderita obesitas. Banyak orang terutama anak-anak suka bermain video games hingga Berjam-jam di depan layar komputer, handphone ataupun TV.

Sebuah riset terbaru menunjukkan bahwa mereka yang gemar bermain video games cenderung makan lebih banyak setelah bermain, dibanding ketika tidak sedang bermain. Seperti sebuah studi yang dilakukan di Kanada, melibatkan 22 remaja laki-laki dengan berat badan ideal. Para penelitian mempelajari napsu makan mereka sebelum dan setelah bermain video games dengan melakukan penelitian dalam laboratorium selama dua hari. Para penelitian meminta mereka untuk bermain video games sepak bola selama satu jam, yang kemudian di lanjutkan dengan makan siang. Keesokannya harinya, mereka diminta untuk bersantai dalam waktu 1 jam kemudian makan siang.

Penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini menemukan mereka yang bermain video games cenderung memiliki porsi makan lebih besar daripada yang tidak. Hal ini memperkuat penelitian sebelumnya, yang membuktikan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu lama di depan komputer atau televisi beresiko menderita obesitas. Menurut kepala riset, Jean Philippe Chaput dari Children’s Hospital di Ottawa, Canada, diet pada anak laki-laki juga diteliti. Hasilnya, hormon yang berperan pada nafsu makan tidak terpengaruh, yang terkena justru otak. ‘Mereka cenderung memilih makanan manis dan berlemak,’demikian simpulnya. Chaput juga pernah melakukan riset sebelumnya pada anak-anak yang gemar menghabiskan waktunya di depan komputer.

Dalam riset itu ditemukan, mereka cenderung memilih permen dan bisakuit sebagai makanannya.Menurutnya otak yang lelah memberikan sinyal pada tubuh untuk memenuhi kalori sebagai penggantinya. Padahal energi yang dipakai tidaklah sebesar seperti yang ditangkap oleh signal otak. Karena anak yang main video games lebih banyak duduk, tidak banyak mengeluarkan energi. Akibatnya, makanan yang dimakan berlebihan kalorinya dan memicu obesitas.

 

 

 

 

 

 

Dampak Positif Bermain Game

Dampak positif game Team riset C&VG di Swedia telah melakukan studi efek dari alkohol, narkoba dan video game pada generasi usia remaja. Mereka sampai pada kesimpulan sementara kalau remaja yang bermain video game cenderung tidak terlibat kebiasaan bergaul dengan minuman beralkohol maupun zat adiktif berbahaya lainnya. Fakta tersebut sejalan dengan survey terakhir yang dilakukan biro penanggulangan masalah remaja, Swedish Council for Information on Alcohol and Other Drugs (CAN) .

Bagi pemain game dampak positifnya:

1.       seorang pemain dapat berlatih strategi untuk dirinya. Hal ini berdampak pada pekerjaan games software ketika menyelesaikan sebuah masalah yang pelik, bahkan bisa membuat penemuan baru games komputer. baik untuk Admin Network.

2.             bagus untuk melatih rekan kerja dalam satu tim.

3.             Ideal untuk melatih seseorang dalam seni mendesain

4.      baik untuk dimainkan seorang arsitek dalam memecahkan masalah, karena di dalam game bercerita untuk membangun sebuah kota.

5.      membuat gamer harus berpikir cepat dan serius, serta membuatnya lebih handal dalam mengatur tim dalam misi yang singkat.

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s