Gak Hanya UKSW yang Ngadain Festival, Social Media juga Ngadain Festival

Nama : Phriscila Ayu Christina

NIM : 362011015

Berkembangnya new media (terkhususnya internet), tentu membuat social media ikut berkembang. Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dapt dengan mudah berpartisipasi. Berpatisipasi dalam arti seseorang akan dengan mudah berbagi informasi, menciptakan konten / isi yang disapaikan kepada orang lain, member komentar terhadap masukan yang diterimanya dan seterusnya (prahatiwi utari, 49:2011). Tentu sudah tidak asing lagi, bahwa Indonesia berada diurutan teratas pengguna social media. Berdasarkan perhitungan laman socialbakers, Indonesia menempati urutan ke empat dalam penggunaan Facebook dengan jumlah 44,214 juta user, serta pengguna Twitter paling aktif nomor lima di dunia. Seringkali dampak social media hanya disoroti dari dampak–dampak negatifnya saja, salah satunya menimbulkan kejahatan dunia maya (cyber crime). Namun, sebenarnya manfaat positif dari social media sendiripun banyak, antara lain memperluas pertemanan, menemukan teman –teman yang memiliki kesamaan dalam hobi, kesukaan, pengalaman, dan lain-lain, sehingga terbentuklah komunitas-komunitas.

Gambar

Maraknya media sosial di Indonesia juga turut menyuburkan pertumbuhan komunitas – komunitas di social media. Walaupun banyak komunitas yang cukup fasih sebagai pengguna media sosial, sayangnya tidak sedikit pula komunitas yang belum memanfaatkanya secara optimal. Salah satu dampak positif dari berkembangnya media social yakni komunitas –komunitas di sosial media melatarbelakangi adanya social media festival (sosmedfes). Tidak hanya UKSW saja yang setiap tahunya ketika penerimaan mahasiswa baru mengadakan festival, meskipun festivalnya adalah festival budaya. Media sosial juga megadakan Social Media Festival. Tahun 2011 pertamakalinya diadakan Socmedfest ini, dengan mengusung  tema “Social Media is YOU” yang digelar oleh Salingsilang.com bersama Dailysocial.net dan fX Lifestyle X’nter. Kegiatan ini juga didukung Majalah Hai, Kompas.com, Cek & Ricek, Marketeers, Rolling Stone Indonesia, Delta FM, Jakarta Post, Kapanlagi.com, Kaskus.us, dan Motion FM. Beberapa sponsor yang terlibat antara lain Dell, levis, XL, Harris Hotel, dan Acer. Acara ini diadakan di Plaza fX, Jakarta, pada tanggal 22-24 September  2011.

Dalam acara socmedfest ini pengunjung akan diajak mengenal berbagai komunitas –komunitas social media yang mengikuti acara ini dan mengetahui kegiatan-kegiatannya. Di acara sosmedfes tahun 2011, ada beberapa komunitas yang meramaikan kegiatan ini di antaranya Fiksimini, IMO, Kopdar Jakarta, pedemunegeri.com, Radio Komunitas Twitter Indonesia, The Hermes (Hermesian), #TWITALK, WiserEarth, DandanPol, MAKKO, Green Map Jakarta, Masyarakat Bebas Bising, GOODREADS INDONESIA, Anjinggombal, Wikimu, Indonesian Youth Conference, AYOFOTO.COM, Parkour Indonesia, dan TEDx Jakarta. Mereka ini akan menampilkan kegiatan – kegiatan yang menarik bagi para pengunjug. Kegiatan ini digelar di seluruh area di Gedung fX, lengkap dengan free WiFi di seluruh gedung yang dapat dinikmati pengunjung untuk akses internet. Sosmedfes ini dapat dikunjungi oleh siapa saja secara gratis. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 44.000 pengunjung dan membuka mata industri dan media massa mengenai kekuatan dan pengaruh media sosial di Indonesia.

Di tahun 2012 ini, sosedfest kembali diadakan pada tanggal 12-14 Oktober 2012, digelar di Gelanggang Renang, Senayan. Kali ini even Social Media Fest 2012 yang digelar oleh salingsilang.com, dailysocial.net, dan kaskus.co.id dengan mengambil tema “Create and Collaborate”. Berbeda dengan sebelumnya, dalam sosmedfest 2012 ini juga diadakan road to socmedfest 2012 ke kampus-kampus, dengan konsep talkshow atau sharing mengenai “gimana sih berkreasi di social media?” Kampus yang pertama dikunjungi oleh team Social Media Festival 2012 adalah London School of Public.

Di Gelanggang Renang, Senanyan acara ini  terdiri dari 110 stand yang menjual makanan and 19 titik stand penjualan, juga 107 komunitas dan 27 start-up. Start-up yang hadir dalam kegiatan ini antara lain bangkrutboos.co, lintas.me, mindtalk, krzymarket, dan asih banyak lagi. Komunitas –komunitas yang terlibat sebagian besar mereka juga yang mengikuti sosmedfes pada tahun 2011, hanya saja tahun 2012 komunitas yang terlibat didalamnya lebih banyak. Acaranya yang diadakan di Senayan ini memang tidak begitu jauh berbeda dengan tahun 2011 yakni adanya talkshow, fun games, panggung hiburan, musik, dance, aneka kuliner, adanya kegiatan –kegiatan menarik yang disajikan oleh komunitas-komunitas media sosial , dan lain-lain.

Daftar Pustaka :

ASPIKOM 2011 Komunikasi 2.0 : teori dan iplikasi . Yogyakarta : Mata Padi Pressindo

http://socmedfest.com

http://tekno.kompas.com/read/2011/09/22/11125567/Hari.Ini.Social.Media.Festival.Dibuka

file:///G:/332521-komunitas-social-media-kembali-berkolaborasi.html

file:///G:/Dampak%20Positif%20dan%20Negatif%20Jejaring%20Sosial.htm

http://www.bca.co.id/en/about/news/2012_Okt_12_Social_Media_Festival_2012/2012_Okt_12_Social_Media_Festival_2012.jsp

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s