Gadget V.S Perkembangan Anak

Oleh : Gabriel Malvin Gunawan – 36.2011.012

Manusia yang hidup di jaman sekarang ini berada pada masa yang serba canggih, banyak informasi dari belahan dunia manapun bisa di akses dengan mudah hanya dengan alat atau barang elektronik yang mempunyai fungsi khusus. Sangat menguntungkan memang bisa melakukan aktivitas seperti browsing-browsing atau berselancar di dunia maya hanya dengan sebuah perangkat canggih yang bisa dengan mudah kita operasikan. Perangkat gadget inipun juga sudah menjamur di lingkungan kita bahkan pengguna usia anak-anak pun sudah bisa mengaksesnya.

Di era teknologi yang serba canggih sekarang ini, tak sedikit orang tua yang memberikan kebebasan kepada buah hatinya menggunakan gadget. Padahal, anak yang sejak kecil memiliki ketergantungan pada gadget memicu bahaya. Pasalnya, ketergantungan tersebut membuat sang anak memiliki hubungan yang kurang baik dengan orang tuanya.Anak-anak diumur yang masih dini bermain dan beraktifitas bersama teman-teman sebaya untuk membentuk kepribadian ,menjadi korban teknologi .Anak-anak yang selalu tertarik pada hal-hal baru , mulai tertarik dengan gadget melalui iklan yang salahsatunya ditayangkan di TV .

Adanya kemunculan gadget yang semakin canggih dan menarik ,membuat anak-anak mulai kecanduan gadget .Tentunya perkembangan teknologi komunikasi ini ,mengurangi intensitas hubungan interaksi baik dengan orangtua maupun sesamanya .Efek kecanduan gadget pada anak mengakibatkan anak cenderung menutup diri terhadap pergaulan .Anak-anak jadi minder untuk berkomunikasi karena terlalu terbiasa bergumul dengan benda mati yang ada dihadapannya .Selain itu konsentrasi anak terhadap proses belajar pun berkurang , karna anak yang memiliki gadget , biasanya sangat kecanduan gadget yang ia miliki.Hingga waktu yang semestinya lebih banyak untuk belajar,menjadi lebih banyak untuk bermain lewat gadget yang ia miliki .

Gadget yang sering menarik perhatian anak-anak itu rupa-rupanya juga memiliki dampak untuk kesehatan mereka .Berikut adalah gadget yang paling diminati ,serta tanpa disadari memiliki dampak negative untuk kesehatan buah hati anda :

1. Laptop/computer

Riset yang dilakukan oleh National Institute of Occupational Safety and Healty Los Angelesmenghasilkan sebuah fakta tentang penyakit yang diderita pengguna laptop. Penyakit ini bernama Computer Vision Syndrom. Kelainan ini terjadi jika kita terlalu lama memfokuskan mata ke monitor komputer dan laptop. Gejala yang ditimbulkan adalah pandangan kabur, nyeri di kepala, sakit leher, mata terasa lelah, kering dan iritasi. Bahkan saya pernah membaca suatu artikel bahwa dengan memangku laptop terlalu lama bisa mengganggu tingkat kesuburan seseorang.

2. Ipod

Terlalu lama mendengarkan musik menggunakan Ipods bisa menyebabkan gangguan pendengaran karena paparan kebisingan yang berlebihan.Hal terburuk yang akan terjadi bila diteruskan berupa ketulian permanen.

3. Smartphone

Radiasi yang ditimbulkan dari ponsel dapat membahayakan mata, penglihatan kabur, dan bisa melemahkan kerja otak.

4. Game player

Terlalu lama memainkan game player dapat mengakibatkan nyeri punggung dan pada akhirnya akan berakibat pada pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, seperti bungkuk.

Namun faktanya, pada saat ini kita hidup dalam era teknologi dan sulit untuk menjauhkan gadget dari anak-anak. Sebaiknya orang tua mengajari anak dan menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk mereka boleh menggunakan gadget.

Sumber: Wibhowo Christine dan Ridwan Sanjaya.Stimulasi Kecerdasan Anak Menggunakan Teknologi Komunikasi.2011.penerbit PT Elex Media Komputindo:Jakarta

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s