FACEBOOK sebagai New Media

JENNYFER MERLIEN PHILIA ETNOVANESE

362011005

Apakah new media itu? New Media menurut Terry Flew adalah as those forms that combine the three Cs: computing and information technology (IT); communication network; digitized media &information content. Sedangkan Littlejohn menyebutnya the second media yaitu a new period in which interactive technologies and network communication, particulary the internet, would transform society. Jadi persamaan definitive tentang konsep new media memperlihatkan bahwa kekauatan dalam suatu media baru itu adalah penguasaan teknologi (teruatama internet) yang dapat membawa perubahan dalam masyarakat. Dan sisi lain konsep media baru adalah dalam pemahaman tentang arti baru (new). Ia tidak dapat disederhanakan hanya sebagai sesuatu kebaruan dari penemuan atau pengembangan suatu teknologi belaka (Livingstone, 1996:60). Dan yang terpenting harus dipahami sesungguhnya adalah bagaimana perubahan yang terjadi karena perkembangan teknologi ini akan membawa perubahan yang terjadi karena perkembangan teknologi ini akan membawa perubahan juga pada sisi lain kehidupan.

Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan “foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi”. Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard. Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki “buku wajah” (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara. Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan. Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com. Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan. Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini.

Dan facebook disebut jejaring sosial karena facebook memungkinkan penggunanya terjalin tidak hanya satu melainkan beberapa jaringan. Jaringan yang dimaksud bias berdasarkan daerah atau juga jaringan antara anggota di satu sekolah, universitas, gereja, tempat tinggal. Dan Warhol’s menyatakan bahwa dalam dunia nyata, seseorang bisa terkenal dalam 15 menit, sedangkan dalam dunia maya seseorang bisa terkenal dalam 15 orang bisa 15 teman baik atau juga 15 orang yang benar-benar tertarik akan hal-hal yang anda posting di dalam dunia maya seperti facebook.

Dan facebook bisa disebut sebagai new media karena menggunakan teknologi baru yaitu internet.

Daftar Pustaka

ASPIKOM.2011.Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi.Yogyakarta:Mata Padi Pressindo.

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s