Facebook Sebagai Media Sosial Sehat

Mahdini Praba Setyarum

362011065 FISKOM

 

Saatini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dan lain-lain tanpa terhalang oleh jarak tempat.

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012[update], Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti “Rekan Kerja” atau “Teman Dekat”. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Selama ini, Facebook sering dikaitkan dengan dampak buruk terhadap kehidupan sosial orang-orang. Namun ternyata Facebook juga memberikan tujuh manfaat tak terduga bagi kehidupan Anda seperti yang dilansir dari Live Science (23/05) berikut ini.

Menyehatkan jantung
Membuka Facebook membantu Anda agar lebih rileks dan mengurangi stres, demikian bukti studi yang dilakukan oleh para ahli dari Institute of Technology dan University of Milan. Tentu saja hal tersebut benar apabila Anda melakukannya tidak berlebihan.

 

Menyediakan lapangan pekerjaan
Sudah banyak orang yang menggunakan Facebook untuk membantu melancarkan usaha atau bisnis mereka. Facebook memang merupakan salah satu media pemasaran yang mudah, murah, dan efektif.

Meningkatkan kepercayaan diri
Sebuah penelitian dari Cornell University menyatakan dengan memperhatikan tampilan dinding akun Facebook, maka seseorang akan lebih percaya diri. Hal tersebut disebabkan oleh segala bentuk tampilan terbaik seseorang benar-benar dimaksimalkan ketika diposting dalam dinding Facebook.

Meningkatkan harga saham
Bagi orang-orang yang sudah memiliki bisnis besar, memiliki akun Facebook dan aktif menggunakannya juga bisa membantu meningkatkan harga saham perusahaan yang mereka miliki. Sebab Facebook secara tidak langsung meningkatkan nama besar perusahaan seseorang dan dirinya sendiri.

Meningkatkan produktivitas
Sebuah studi dari University of Melbourne sudah pun pernah membuktikan para karyawan yang diberikan kesempatan untuk mengakses Facebook selama 10 menit saja ketika bekerja akan meningkatkan produktivitas mereka.

Membantu anak sekolah lulus
Studi lain oleh para ahli dari Abilene Christian University menyebutkan beberapa anak sekolah yang tidak memiliki akun sosial media, seperti Facebook, berkesempatan besar untuk dikeluarkan dari sekolahnya dan gagal lulus.

Sumber :

http://dapah.blogspot.com/2012/07/pengertian-facebook.html#ixzz2AkyJBWeu

http://www.merdeka.com/teknologi/7-manfaat-facebook-bagi-kehidupan-anda.html

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s