FACEBOOK (JEJARING SOSIAL) PEMBENTUK BUDAYA MASSA

OLEH:

ANDRI KURNIAWAN (362011083)

FISKOM – UKSW

 

Gambar

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami kemajuan dalam bidang teknologi yang sangat cepat. Berkembangnya teknologi di indonesia tidak lepas dari kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat akan teknologi. Teknologi sendiri melahirkan internet yang didalamnya terdapat jejaring jejaring sosial seprti facebook,twitter,plurk,dll.

Siapa yang tidak kenal dengan facebook dan twitter, Indonesia merupakan salah satu pengguna jejaring sosial yang besar . sejak kemunculan facebook pada tahun 2004 pengguna facebook saat ini di indonesia mencapai 40 juta lebih.

Ini adalah sebuah fenomena yang menjadi trend. Ketika facebook menjadi ternd dan digunakan secara masal membuat sebuah kebudayaan disetujui oleh orang banyak. Budaya berfacebook ria saat ini menjadi trend tersendiri. Dari facebook banyak informasi yang didapat , kebnyakan orang akan terpengaruh oleh informasi yang yang dihadirkan dalam facebook.

Gambar

Banyak hal hal fenomenal yang terjadi karena facebook dan masyarakat menyetujuinya. Mulai dari rasa sosial yang tinggi melalui facebook seperti “Koin Peduli Prita”. Kemudian disusul trend dikalangan anak muda penggunaan kata kata cadel ala balita menjadi bahasa gaul yaitu “Ciyus Miapah”.

Hal ini menandakan bahwa jejaring sosial facebook merupakan sebuah alat yang bisa menciptakan budaya mass. Kaitan penggunaan facebook dengan budaya massa adalah dimana penggunaan facebook secara massal sebagai media untuk saling berhubungan. Penggunaan facebook secara massal atau massif membuat trend facebook ini masuk ke ranah budaya massa.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s