Blackberry vs Pelajar

Disusun oleh Cleopast Wenda A 362011048 Progdi Ilmu Komunikasi UKSW Salatiga.

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin canggih , banyak teknologi-teknologi baru yang muncul.Perkembangan yang pesat di bidang-bidang tersebut mempengaruhi gaya hidup manusia,terutama pelajar.Para pelajar tentunya ingin mengikuti perkembangan zaman agar dikatakan kuno atau ketinggalan zaman.Salah satu kebutuhan pokok pelajar adalah handphone.

Perkembangan teknologi komunikasi bermacam-macam , salah satu yang ingin saya bicarakan disini adalah smartphone merk blackberry. BlackBerry merupakan Perangkat Selular atau handphone pintar (smartphone) yang memiliki kemampuan layanan Push E-Mail, Telepon, Sms, menjelajah internet (browsing), juga berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Belakangan ini penggunaan blackberry yang begitu canggih dan lebih dari handphone sederhana ini begitu fenomenal, sampai-sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion.

Smartphone kini menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang. Tak hanya dari kalangan orang dewasa saja atau para pekerja tingkat menengah ke atas, kini anak muda sekarang pun banyak yang menggunakannya. Beragam golongan menggunakannya. Mulai dari nenek, kakek, ayah ibu, orang dewasa, para mahasiswa dan mahasiswi,  para siswa-siswi SMP-SMA, bahkan anak SD.

Blackberry bagi pelajar ternyata memiliki dampak positif maupun negatif .Namun dampaknya untuk pelajar mengganggu pendidikan dan sosialisasi. BlackBerry dapat menyebabkan para pelajar menjadi ANTI SOSIAL, karena mereka sudah bisa chatting tanpa harus menemui teman-temannya secara langsung. Selain itu, penggunaan chatting melalui blackberry juga dapat merusak kebiasaan masyarakat Indonesia  yaitu Silahturahmi. Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah silahturahmi, namun ketika ada chat dalam Blackberry kini kebiasaan itu semakin lama semakin pudar, karena blackberry mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Selain itu fitur dari blackberry yaitu blackberry messenger (BBM), dapat memecah konsentrasi pelajar saat belajar atau melakukan aktifitas. Bahkan pelajar bisa lupa waktu karena terlalu sering memainkan BlackBerry .

Blackberry bagi pelajar juga mempunyai pengaruh positif .BlackBerry memiliki mobilitas yang tinggi.  Pelajar yang memliki BlackBerry dapat berkirim E-mail tanpa harus mengunjungi warnet terdekat, otomatis pelajar bisa memanfaatkan waktunya dengan baik untuk berkirim tugas maupun pesan.Selain itu pelajar yang aktif dapat memperoleh informasi dengan cepat dan tanpa batas , sebab dengan gadget ini pelajar memliki mobilitas tinggi terhadap penggunaan blackberry.Untuk berkomunikasi , blackberry pun dinilai modern untuk perkembangan pelajar.

Hingga saat ini, Blackberry masih menjadi trend para remaja di Indonesia, tak terkecuali di lingkungan sekitar kita. Bahkan, ada yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan gadget mahal ini, seperti memaksa orang tuanya, mencuri, dll. Trend ponsel pintar ini memang telah menguasai pikiran para pelajar dan mahasiswa di Indonesia bahwa “No Blackberry, No GAUL”, seperti itulah kira-kira.Namun penggunaan blackberry dikembalikan lagi kepada para pelajar mengenai penggunaannya , di harapkan para pelajar semakin cerdas dalam menyiasati perkembangan teknologi.

 

Sumber : http://ebookbrowse.com/dampak-negatif-blackberry-bagi-pelajar-pdf-d344797307 (dikutip hari Minggu,28 Oktober 2012 ,pukul 15.42)

Senja Pipiet,(pseud.van EttyHadiwati Arief) dan Melvi Yendra.Demam Blackberry dari Barrack Obama sampai Luna Maya.2004.PT Mizan Publika:Jakarta 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s