BERBAGI FOTO LEWAT GROUP FOTOGRAFI FACEBOOK

Oleh Mahendra Bagus Prasetya (362011060),FISKOM UKSW.

Dengan bertambahnya peremrbangan zaman penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa terhalang oleh jarak tempat. Para pembaca sekalian kali ini saya akan membahas tentang new media yaitu tentang grup facebook sebagai tempat sering atau berbagi ilmu dan memiliki tujuan yang sama.

Pengertian facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Selain seperti telah diungkapkan diatas maka grup dalam facebook juga mempengaruhi peran serta dalam menyamapaikan pesan atau informasi.biasanya para komunitas menggunakan grup dalam facebook sebagai wadah untuk proses interaksi satu sama lain yang saling membutuhkan untuk dapat mengungkapkan isi hatinya baik yang tahu menjadi tahu,dan yang kurang tahu menjadi tahu.seperti grup facebook yang akan saya bahas kali ini adalah satu grup facebook yang menamakan dirinya stageID adalah merupakan grup facebook fotogafer aksi panggung Indonesia yang didirikan pada bulan agustus 2011 yang berbagi foto atau sharing dalam grup kemudian diberikan komentar ataupun like.namun tidak hanya itu saja yang ia miliki.sampai saat ini stageID memiliki member 1.165 anggota di facebook dan di grup ini kita saling berbagi informasi tentang acara music,tarian,theater dll.,workshop foto panggung,pameran foto ataupun lomba foto yang berhadiahkan media pit untuk memotret moment-moment didepan panggung.stage ID bersifat umum dan tidak ada unsur paksaan dalam komunitasnya,yang terpenting adalah menjiwai dalam bidang fotografi aksi panggung.

 Foto panggung berawal dari sebuah komunitas yang aktif mendokumentasikan apa yang terjadi di atas, hingga di belakang panggung(Band Manager, Graphic Designer, Insight Band Photographer, Art Journalist). karena tidak semua orang berkesempatan mengambil moment-moment imajinatif tersebut. Momen yang diabadikan komunitas fotografer panggung sendiri tidak terbatas pada hanya satu jenis pertunjukan seperti pertunjukan band musik saja, namun meluas hingga pertunjukan tari, pantomim, teater, hingga lawak. Pencahayaan yang minim serta terbatas, pengaturan kamera, hingga penantian momen yang tepat untuk menekan tombol shutter kamera menjadi tantangan tersendiri bagi para “pemburu” foto panggung.

Gambar

 

Gambar

Berawal dari keaktifan mendokumentasikan apa yang di atas dan di belakang panggung, para pelopor komunitas Stage ID yang memiliki kedekatan dengan dunia seni, visual, dan musik pada akhirnya menyatukan visi serta misi bahwa tindakan maupun peristiwa adalah karya panggung. Keberadaan komunitas Stage ID sendiri terus berkembang dengan keterlibatan aktif dari anggota-anggotanya yang tidak hanya berasal dari satu profesi saja. Visi yang kuat untuk merekam setiap peristiwa hingga menempatkan rekaman-rekaman peristiwa tersebut sebagai bagian dari sejarah pun terus berlanjut hingga saat ini. Stage ID sendiri terus berusaha untuk mengembangkan diri dan mempertajam visi mereka untuk menjadi tempat dokumentasi sejarah sebagai bentuk apresiasi yang tinggi untuk momen-momen berharga yang telah dan akan terjadi di atas panggung.

Maka dapat saya simpulkan bahwa pengaruh new media saat ini sangat turut serta dalam membantu dalam berbagai hal.seperti berbagi foto lewat grup facebook adalah sebuah bentuk perkembangan baru dalam dunia fotografi.lewat facebooklah kita dapat mengetahui bagaimana foto kita dapat dimengerti orang lain bahkan diberikan komentar oleh orang lain tentang bagaimana foto kita.terutama foto panggung yang memiliki nilai seni tersendiri.

Daftar Pustaka:

http://www.indonesiakreatif.net/index.php/id/news/read/173, akses Minggu (28 Oktober 2012) jam 20:18 WIB

http://www.idafazz.com/pengertian-facebook.php, akses Minggu (28 Oktober 2012) jam 21:03 WIB

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s