YOUTUBE : MEDIA KOMUNIKASI GLOBAL Mustika Ayu Ratnasari/36 2011 040/Ilmu Komunikasi

  1. 1.      Media Komunikasi

Di Indonesia maupun secara global pandangan media komunikasi kita terhadap new media semakin merebak karena new media hadir dengan sendirinya. Semakin banyaknya manusia – manusia yang menginginkan hal instan dalam mengerjakan segala aktivitas- aktivitasnya disinilah new media berkembang sehingga mereka menciptakan media – media baru dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengerjaannya. Menurut teori Hebert Blumer dan Elihu Katz 1974 , teori ini mengatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dengan kata lain pengguna maedia adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Pengguna media berusaha mencari sumber media yang paling baik untuk usaha memenuhi kebutuhannya. Artinya pengguna media mempunyai pilihan alternative untuk memuaskan kebutuhannya.

  1. 2.      YouTube

Kemajuan dunia teknologi informasi dan multimedia saat ini memungkinkan kita untuk melakukan semua hal tanpa keterbatasan, karena kita dapat mengakses segalanya melalui media online yang terintegrasi hampir dalam seluruh media yang berada di sekitar kita. media seperti youtube ini menjadi sebagai alternatve yang memudahkan yang memberikan keuntungan bagi setiap individu karena digunakan sebagai kepentingan , namun disis lain pemafaat yang positif dan negative juga hadir diyuoutbe ini. Penggunaan teknologi ini dimanfaatkan dengan berbagai kepentingan, mulai dari pekerjaan, pembelajaran, usaha, sampai kejahatan (cyber crime). Seperti halnya banyak pengamplikasian new media dengan pemanfaatnya melalui youtube, karena pada penggunaan internet khususnya  youtube dalam mencari informasi sangatlah efektif untuk kehidupan masyarakat modern saat ini karena youtube menjadi situs online video provider yang dominan di AS bahkan mencangkup dunia.

Youtube sebagai media komunikasi global karena manfaat yang dirasakan oleh para penggunanya. Seperti ketika kita berpartisipasi mengunggah (meng – upload) video ke server youtube dan membaginya ke seluruh dunia bahkan dapat dikatakan tanpa batas.  Youtube merupakan situs web video sharing yang berfungsi sebagai media pertukaran informasi melalui rekaman audiovisual. Misalnya meng-upload video , melihat video yang tersedia atau yang telah kita upload dan bahkan mencari video klip dari artis yang kita kagumi. Umumnya video-video di youtube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di youtube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.

  1. 3.      Keterkaitan Media Komunikasi YouTube

Menurut Starubhaar dan LaRose 2004 di era globalisasi ini memudahkan pertukaran informasi dari teks, audio, visual maupun motion karena sudah ada standarisasi bentuk. Para pengguna dapat saling berbagi yang melandasi interaksi masyarakat kendati melalui perantara media youtube. Penggunaan youtube tentu banyak manfaat misalnya bisa lihat dan upload video yang kita suka, sebagai ajang promosi diri, segala jenis video bisa ditemukan di situs ini, tetapi youtube pun juga memiliki kekurangan misalnya karena terlalu bebas upload jadi banyak file yang tidak berguna atau file pornografi yang terupload selain itu situs ini tidak cocok untuk slow conection, karena bias makan waktu untuk bufferingnya. Menurut Coehris D dan Szul, LF 2002 banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan teknologi komunikasi. Teknologi membuat komunikasi semakin cepat dan efisien dan teknologi membantu mempertinggi nilai komunikasi. Karena pada dasarnya, manusia dalam melakukan interaksi dan komunikasi, memiliki keterbatasan. Teknologi komunikasi itulah, yang kemudian memenuhi kebutuhan manusia, akan keterbatasan dalam komunikasi dan berinteraksi. 

Disamping youtube merupakan situs video yang menyediakan berbagai macam informasi video diberbagai dunia dan sebagai media komunikasi global, youtube memungkinkan siapa saja dengan koneksi internet untuk mengunggah video dan penonton dari seluruh penjuru dunia dapat menikmatinya hanya dalam beberapa menit. Youtube merupakan layanan file sharing berbasis web, audio/ video yang memungkinkan individu untuk dapat membangun profil publik atau semi-publik dalam sistem yang dibatasi, mengartikulasikan daftar pengguna lain dengan siapa mereka akan berbagi sambungan, dan melihat daftar koneksi yang dibuat oleh orang lain dalam sistem tersebut( Boyd & Ellison, 2007 ). Disinilah youtube memberikan manfaat yang sangat penting bagi seluruh masyarakat dan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi pengguna youtube. Keanekaragaman topik yang ada di youtube membuat berbagai video menjadi salah satu bagian yang penting dalam kultur berinternet.

 

Reference :

Coehris D and Szul, LF, 2002, Communication Technologies, Prentice Hall.

Fisher, B. Aubrey, 1986, Teori-teori Komunikasi. Penyunting: Jalaluddin Rakhmat, Penerjemah: Soejono Trimo. Bandung: Remaja Rosdakarya.

http://www.detikinet.com/read/2010/05/18/134257/1359192/398/10-youtube

http://dunia-panas.blogspot.com/2010/11/11-fakta-youtube.html

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s