Interaktivitas tentang group fiskom 2011 di facebook

Helena cynthia /362011025

Interaktivitas : New and Old
Masalah : “Bagaimana Cara Anak-anak Fiskom 2011 menanggapai apabila ada seorang mahasiswa memberi info di group facebook Fiskom 2011?”
Pengertian Interaktivitas adalah salah satu fitur media baru yang paling banyak dibicarakan, mendapat tempat khusus di internet. Seperti halnya berbagai istilah dalam dunia cyber baru, kadang sulit memahami arti sebenarnya dari kata itu. Satu masalah dalam mendefinisikan istilah interaktivitas adalah bahwa ia dipakai minimal dalam dua makna berbeda. Orang-orang dengan latar belakang ilmu komputer cenderung memaknainya sebagai interaksi pengguna dengan komputer, sebagaimana permainan-permainan interaktif. Definisi semacam itu menyebutkan bahwa interaktivitas berarti kemampuan pengguna untuk berkomunikasi secara langsung dengan komputer dan memiliki dampak pada pesan apapun yang sedang dibuat. Para sarjana komunikasi cenderung berpikir bahwa interaktivitas merupakan komunikasi antara dua manusia. Misalnya, William, Rice, dan Rogers (1988) mendefinisikan interaktivitas sebagai tingkatan dimana pada proses komunikasi para partisipan memiliki kontrol terhadap peran dan dapat bertukar peran dalam dialog mutual mereka.
Pengertian Teori Kritis adalah teori yang berasumsi bahwa dengan mengenali masyarakat kita dapat memberikan prioritas pada nilai-nilai kemanusiaan yang paling penting. Para teoritikus kritis meneliti tentang ketidak adilan dan penindasan.
Teori yang saya ambil adalah Teori Kritis karena saya ingin mengkritik mahasiswa-mahasiswa angkatan 2011 untuk lebih kritis dan lebih cepat menanggapi postingan-postingan yang diberi seseorang dan kalau itu penting harus ditanggapi. Contoh Tentang Rapat angkatan 2011 dan ada bahan-bahan Tugas dan TTS mata kuliah yang penting.
Angkatan 2011 yang langsung tanggap bila ada postingan penting Cuma yang sering menanggapi saja, jadi interaksi dalam komunikasi kurang terjalin. Jadi kadang ada mahasiswa yang berkata “Tidak tahu ada tugas” Padahal sudah dikasi tahu di group facebook. Jadi mereka marang pada orang yang tidak memberitahu padahal sudah ada di facebook.
Kalau mahasiswa dulu mungkin lebih bisa mengkritik karena mereka menggunakan pengalaman hidup untuk mengkritik orang lain. Sedangkan mahasiswa sekarang lebih milih asal mengkritik meski mereka tidak tahu sumber dan inti permasalahannya.
Jadi lebih baik kita sebagai mahasiswa dan sebagai pemimpin masa depan lebih baik menjadi orang yang pintar mengkritik dengan berpikir lebih cerdas tidak yang biasanya asal berkata tanpa dipikir dulu.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsep_Dasar_Komunikasi_Digital
Stanley J. Baran, DKD. 2009. Mass Foundation Comunication Ferment, and Future Theory (Fifth Edition). Jakarta : Salemba Humanika

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s