STATUS “KOTOR” DALAM FACEBOOK

[YOGIE NINDINTYA]
362011053

FISKOM, Progdi Komunikasi, UKSW 2012

Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.Hampir setiap hari dan setiap waktu orang pasti selalu saja membuka Facebook  walau hanya sekedar untuk melihat status orang,membuat status tidak jelas,ataupun melihat ikut berkomentar dengan status orang lain.Ini menjadi hal yang sangat umum bagi kalangan pengguna Facebook yang makin besar di Indonesia.Indonesia adalah pengguna Facebook terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user.Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.

Facebook sudah banyak menjamur di semua kalangan terutama pada ABG.Hidup mereka bahkan bisa dikatakan tidak bisa hidup tanpa apa itu Facebook,karena di Facebook-lah mereka bisa berbagi cerita,berbagi pengalaman,mencari teman yang sudah lama tidak bertemu,ataupun untuk memperoleh informasi yang lain.Facebook seakan menjadi sebuah ketergantungan bagi para ABG yang rata-rata masih labil,mereka belum bijak dalam menggunakanya dan seakan mereka menganggap bahwa facebook itu adalah tempat ngoceh se’enaknya dan sarana untuk ber’narsis ria saja.Beberapa tahun terakhir ini facebook sedikit mengalami pergeseran fungsi ,kita lihat saja banyak sekali user Facebook yang menggunakkan facebook dengan se’enaknya saja .Tutur kata mereka sungguh sangat memprihatinkan dan tidak sopan terutama pada status ABG jaman sekarang.Segala unek-unek, emosi, mereka lampiaskan kedalam facebook tanpa pertimbangan atau pemikiran yang matang dalam membuat status mereka.Kata-kata kotor dengan mudah dan dengan santai mereka sharing di facebook,bahkan kadang ada juga hina’an atau cercaan kepada orang lain yang mungkin  punya masalah punya dia. Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook terhadap para anggotnya dan ketidak dewasaan pengguna facebook itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering sekali terjadi.

Gambar

Contoh gambar itu menunjukan bahwa facebook semakin menjadi tempat yang luas untuk menyindir orang lain tanpa pertimbangan.Tidak hanya laki-laki saja yang biasa membuat status kotor itu tetapi para kaum perempuan-pun juga tak kalah untuk menyampaikan unek-uneknya secara terang-terangan dan menggunakan bahasa yang tidak pantas.Berikut ada sedikit ringkasan kasus mengenai kedua Siswi SMP 8 Kediri yang menyalahgunakan facebook sebagai tempat menghina guru mereka: 2 Orang siswi kelas IX SMPN 8 Kota Kediri dikeluarkan paksa dari sekolah. Hukuman itu diberikan ke keduanya, karena kedapatan menulis kata-kata kotor di wall Facebook miliknya, dan diduga ditujukan ke salah seorang guru.Kedua pelajar naas itu yakni, Rizki Amelia (15) dan Arum Damayanti (15). Informasi yang berhasil dihimpun (detiksurabaya.com) menyebutkan, peristiwa yang menimpa Rizki dan Arum bermula dari adanya razia handphone pada akhir bulan November 2010 lalu. Razia itu dilakukan setelah sebelumnya terjadi kehilangan sejumlah uang milik salah satu siswa. Saat itu tidak ditemukan adanya siswa yang kedapatan membawa handphone di dalam kelas.Hasil tersebut rupanya tak membuat sekolah puas. Dengan mengerahkan tenaga guru BP agar dengan cara persuasif meminta siswa yang memiliki handphone menyerahkan kepada guru. Dengan janji handphone akan dikembalikan seusai jam pelajaran selesai. Cara tersebut ternyata bisa meminta 9 siswa  menyerahkan handphone miliknya.Namun seorang tenaga guru BP bernama Shoimah diduga melakukan pelanggaran kesepakatan, dengan menolak menyerahkan handphone milik siswa seusai jam pelajaran. Bahkan sang guru juga dituduh mengungkapkan perkataan ancaman, sesaat setelah berhasil menyita handphone dari sejumlah siswanya.”Dia bilang, handphone tidak akan diberikan sebelum selesai ujian nasional. Itu kan namanya melanggar kesepakatan,” ungkap Nandar, orangtua dari Arum kepada detiksurabaya.com seusai melaporkan peristiwa yang menimpa anaknya ke Inspektorat.Nandar menambahkan, pelanggaran yang dilakukan Shoimah tersebut memicu kemarahan anaknya, yang selanjutnya menuliskan kekesalan dalam status Facebook.

“Anak saya nulis ‘wong tuwek kudune kuwi ibadah tur golek pahala, wong arep mati ‘(orang tua itu seharusnya  ibadah dan cari pahala, orang mau mati). Dari sana si Rizki komentar ‘HP ku yo ditahan, pancene huuasuu, dipateni ae penake’ (HP ku juga ditahan, memang (maaf) anjing, dibunuh saja enaknya),” sambung Nandar.Tulisan status tersebut rupanya diketahui salah satu guru, yang selanjutnya melaporkannya ke sekolah. Sebagai tindak lanjut, sekolah memanggil kedua siswi bersangkutan dan memintanya menuliskan surat pernyataan permintaan maaf.

Facebook memang sebuah teknologi atau sarana yang bisa memudahkan semua orang untuk berkomunikasi,tidak salah juga  kita untuk memiliki sebuah akun facebook.Dalam ber’facebook juga harus diingat dalam bertutur kata dan bijaksana dalam menggunakanya agar suatu kenyamanan  bisa terjadi dalam kita berkomunikasi.Kasus yang sudah dibahas diatas bisa jadi pembelajaran atau renungan buat kita semua agar lebih bisa bijak dalam menggunakan teknologi.

 

Sumber :

http://blogkita21.blogspot.com/2011/01/dampak-positif-dan-negatif-facebook.html

http://tekno.kompas.com/read/2011/11/28/03571254/Pengguna.Facebook.di.Indonesia.40.8.Juta.
http://surabaya.detik.com/read/2011/01/20/140008/1550604/475/tulis-status-kotor-di-facebook-2-pelajar-dikeluarkan-dari-sekolah

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s